KANDIDAT PERUSAHAAN

Ayo Pahami Tugas dan Tanggung Jawab Sebagai Administrasi Keuangan

29 Juni 2021 08:06 272135 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 45 KALI DIBAGIKAN

Sahabat TopKarir punya background pendidikan di bidang keuangan? Atau suka dengan ketelitian, detail, dan hitung-menghitung? Kamu bisa memilih pekerjaan sebagai staff administrasi keuangan nih.

 

Pekerjaan administrasi keuangan dibilang susah juga nggak, gampang apalagi. Ini karena jobs description yang dilakukan seorang tugas administrasi keuangan terbilang cukup banyak, diperlukan ketelitian dan kesabaran yang tinggi.

 

Untuk membuatmu lebih dekat dan membuka gambaran tentang pekerjaan seorang administrasi keuangan, berikut ulasan tugas dan tanggung jawab administrasi keuangan yang perlu kamu ketahui.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Kota Tangerang? Temukan selengkapnya di sini.

 

 

1. Membuat Rencana Keuangan Perusahaan 

shutterstock.com

 

Kamu diharuskan untuk membuat rencana keuangan perusahaan. Dimulai dari perencanaan peminjaman, uang kas masuk dan kas keluar, sampai pembayaran jatuh tempo utang.

 

Biasanya perusahaan akan meminta kamu untuk membuat laporan keuangan secara berkala. Kamu akan ditugaskan perusahaan untuk mengetahui dan mencatat besaran anggaran belanja dan pemasukan yang telah diterima.

 

2. Mengatur Arus Uang Perusahaan

shutterstock.com

 

Seorang administrasi keuangan perusahaan juga bertugas mengatur arus keuangan di sebuah perusahaan.

 

Dimulai dengan adanya aktivitas membuka rekening baru, menentukan jumlah uang yang disetor ke rekening perusahaan, serta mencatat seluruh arus uang perusahaan.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Sidoarjo? Temukan selengkapnya di sini.

 

3. Mengetahui dan Membayarkan Hutang Perusahaan

shutterstock.com

 

Tugas dan tanggung jawab administrasi keuangan perusahaan selanjutnya adalah harus mengetahui besaran jumlah kredit yang dilakukan perusahaan. Tujuannya adalah agar membayar utang sebelum jatuh tempo.

 

4. Menyusun Kebijakan Anggaran Keuangan Perusahaan 

shutterstock.com

 

Sebagai seorang administrasi keuangan, kamu juga dituntut untuk mampu menyusun kebijakan anggaran keuangan perusahaan. 

 

Artinya kamu harus berkomunikasi dengan divisi lain mengenai kebutuhan anggaran yang akan dihabiskan.

 

Selain itu kamu juga berhak menentukan return of investment (laba atas investasi) dari uang yang telah dihabiskan. Artinya kamu berhak menanyakan hasil apa yang sudah didapat dengan pengajuan anggaran tersebut.

 

5. Mengurus surat-surat berharga perusahaan

shutterstock.com

 

Admin keuangan juga sering dilibatkan dalam pengurusan surat berharga perusahaan. Tugasnya meliputi pencatatan, mengecek aktivitas modal kas kembali, sampai menyimpan surat berharga sesuai kebijakan.

 

Karena itu, administrasi keuangan juga membutuhkan keterampilan khusus seperti pengetahuan dasar tentang seluk beluk surat berharga sampai dengan pengarsipan.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Solo-Surakarta? Temukan selengkapnya di sini.

 

Kriteria yang Harus Dimiliki Seorang Administrasi Keuangan

shutterstock.com

 

Selain memahami tugas dan tanggung jawabnya, kamu juga harus mengetahui kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi administrasi keuangan. Berikut adalah kriteria yang harus kamu miliki: 

 

  • Teliti, cermat, cekatan, dan rapi dalam menjalani pekerjaan
  • Harus memahami administrasi keuangan
  • Dapat berkomunikasi dengan baik dengan divisi lain
  • Harus dapat dipercaya dan memiliki tanggung jawab yang tinggi
  • Mampu mengatur arus pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan
  • Memiliki kepribadian yang ramah, sopan santun, dan berbudi luhur
  • Selalu memperhatikan hasil kerja yang sempurna

 

Nah, itulah tugas dan tanggung jawab administrasi keuangan yang harus kamu ketahui. Selain itu Sahabat TopKarir harus mampu memenuhi kriteria menjadi administrasi keuangan.

 

Sudah siap kan jadi administrasi keuangan yang handal? Yuk belajar lebih banyak di TopEdu tentang pekerjaan impianmu biar jadi talenta muda yang siap juara. Temukan juga pekerjaan incaranmu di lowongan kerja TopKarir. Semangat membangun karir yang lebih hebat!

Komentar