Pencari Karir Pencari Kandidat

Ayo Pahami Tugas dan Tanggung Jawab Sebagai Administrasi Keuangan

24 Maret 2021 20:03 93465 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 10 KALI DIBAGIKAN

Sahabat TopKarir punya background pendidikan di bidang keuangan? Atau suka dengan ketelitian, detail, dan hitung-menghitung? Kamu bisa memilih pekerjaan sebagai staff administrasi keuangan nih.

 

Pekerjaan administrasi keuangan dibilang susah juga nggak, gampang apalagi. Ini karena jobs description yang dilakukan seorang tugas administrasi keuangan terbilang cukup banyak, diperlukan ketelitian dan kesabaran yang tinggi.

 

Untuk membuatmu lebih dekat dan membuka gambaran tentang pekerjaan seorang administrasi keuangan, berikut ulasan tugas dan tanggung jawab administrasi keuangan yang perlu kamu ketahui.

 

1. Membuat Rencana Keuangan Perusahaan 

shutterstock.com

 

Kamu diharuskan untuk membuat rencana keuangan perusahaan. Dimulai dari perencanaan peminjaman, uang kas masuk dan kas keluar, sampai pembayaran jatuh tempo utang.

 

Biasanya perusahaan akan meminta kamu untuk membuat laporan keuangan secara berkala. Kamu akan ditugaskan perusahaan untuk mengetahui dan mencatat besaran anggaran belanja dan pemasukan yang telah diterima.

 

2. Mengatur Arus Uang Perusahaan

shutterstock.com

 

Seorang administrasi keuangan perusahaan juga bertugas mengatur arus keuangan di sebuah perusahaan.

 

Dimulai dengan adanya aktivitas membuka rekening baru, menentukan jumlah uang yang disetor ke rekening perusahaan, serta mencatat seluruh arus uang perusahaan.

 

3. Mengetahui dan Membayarkan Hutang Perusahaan

shutterstock.com

 

Tugas dan tanggung jawab administrasi keuangan perusahaan selanjutnya adalah harus mengetahui besaran jumlah kredit yang dilakukan perusahaan. Tujuannya adalah agar membayar utang sebelum jatuh tempo.

 

4. Menyusun Kebijakan Anggaran Keuangan Perusahaan 

shutterstock.com

 

Sebagai seorang administrasi keuangan, kamu juga dituntut untuk mampu menyusun kebijakan anggaran keuangan perusahaan. 

 

Artinya kamu harus berkomunikasi dengan divisi lain mengenai kebutuhan anggaran yang akan dihabiskan.

 

Selain itu kamu juga berhak menentukan return of investment (laba atas investasi) dari uang yang telah dihabiskan. Artinya kamu berhak menanyakan hasil apa yang sudah didapat dengan pengajuan anggaran tersebut.

 

5. Mengurus surat-surat berharga perusahaan

shutterstock.com

 

Admin keuangan juga sering dilibatkan dalam pengurusan surat berharga perusahaan. Tugasnya meliputi pencatatan, mengecek aktivitas modal kas kembali, sampai menyimpan surat berharga sesuai kebijakan.

 

Karena itu, administrasi keuangan juga membutuhkan keterampilan khusus seperti pengetahuan dasar tentang seluk beluk surat berharga sampai dengan pengarsipan.

 

Kriteria yang Harus Dimiliki Seorang Administrasi Keuangan

shutterstock.com

 

Selain memahami tugas dan tanggung jawabnya, kamu juga harus mengetahui kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi administrasi keuangan. Berikut adalah kriteria yang harus kamu miliki: 

 

  • Teliti, cermat, cekatan, dan rapi dalam menjalani pekerjaan
  • Harus memahami administrasi keuangan
  • Dapat berkomunikasi dengan baik dengan divisi lain
  • Harus dapat dipercaya dan memiliki tanggung jawab yang tinggi
  • Mampu mengatur arus pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan
  • Memiliki kepribadian yang ramah, sopan santun, dan berbudi luhur
  • Selalu memperhatikan hasil kerja yang sempurna

 

Nah, itulah tugas dan tanggung jawab administrasi keuangan yang harus kamu ketahui. Selain itu Sahabat TopKarir harus mampu memenuhi kriteria menjadi administrasi keuangan.

 

Sudah siap kan jadi administrasi keuangan yang handal? Yuk belajar lebih banyak di TopEdu tentang pekerjaan impianmu biar jadi talenta muda yang siap juara. Temukan juga pekerjaan incaranmu di lowongan kerja TopKarir. Semangat membangun karir yang lebih hebat!

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Menjadikan Tantangan Karier Sebagai Peluang

Menjadikan Tantangan Karier Sebagai Peluang

Pernahkah mendapat tugas yang menurut Anda berat dan sulit untuk dilaksanakan? Atau, pernahkah Anda menghadapi problem pribadi atau problem dengan lingkungan, yang mengharuskan Anda mengerahkan segala kemampuan dan sumber daya yang ada? Tantangan, rintangan, hambatan atau apapun namanya tak dapat dipungkiri, merupakan salah satu obat pahit dalam perjalanan hidup manusia. Namun, kondisi merupakan pohon dengan buah paling manis dan bunga paling indah jika dapat dimanfaatkan bahkan ditaklukkan. Jika Anda membaca biografi orang-orang sukses, Anda akan tahu kalau mereka berhasil dalam karier, karena mereka mampu menaklukkan tantangan. Nah, apa yang harus Anda lakukan agar tantangan yang Anda hadapi menjadi peluang yang membuat Anda sukses? Inilah tipsnya; 1. Jadilah QI (baca: Key) PersonJadilah pribadi yang selalu memberikan hal terbaik dan solusi (kunci), entah itu di rumah, di kantor, di lingkungan sosial dan lain sebagainya. Hal ini menjadi dasar karena dengan menjadi individu kunci seperti ini keberadaan Anda akan selalu membuat lingkungan menjadi positif dan penuh warna. 2. Yakin pada diri sendiriAda pepatah 'tidak peduli seribu orang percaya terhadap diri Anda, tetapi jika tidak percaya terhadap diri sendiri maka tidak ada artinya'. Artinya, Anda harus selalu meyakini bahwa hal-hal yang baik akan datang setiap hari melalui berbagai cara. Anda juga bisa meningkatkan kepercayaan diri dengan memiliki citra diri positif, menerima kekurangan diri apa adanya dan menghargai sekecil apapun potensi yang dimiliki. 3. Berjiwa besarSetiap manusia memiliki kapasitas berbeda-beda. Setiap orang punya 'cawan yang penuh air' yang besarnya berbeda-beda. Jika musibah dan cobaan hidup lainnya diilustrasikan seperti garam, maka bagi orang yang memiliki cawan sebesar mangkuk akan kepahitan jika diberikan garam segenggam. Tetapi, bagi mereka yang memiliki cawan seluas sebuah danau maka garam segenggam tidaklah berarti apa-apa. Maka itu, terimalah semua masalah dengan besar hati, karena penerimaan seperti ini akan membuat langkah dan hati Anda ringan untuk menghadapinya. 4. Berdayakan kecerdasan AndaJika satu cara gagal membuat Anda menaklukkan tantangan, jangan menyerah. Teruslah mencari solusi terbaik, buka semua peluang kesempatan. Jangan pernah mengatakan “Tidak Mungkin” jika Anda belum pernah berupaya maksimal. Coba katakan “Mungkin!” maka semua peluang dan kesempatan akan datang menghampiri Anda tanpa diduga.Selamat mencoba, karena hasil akhir yang berkwalitas dimulai dengan implementasi yang berkwalitas (Quality Implementation /QI).   Sumber : http://life.viva.co.id/news/read/162276-menjadikan-tantangan-karier-sebagai-peluang
Komentar