Pencari Karir Pencari Kandidat

Apa itu Side Hustle? Berikut Pengertian, Perbedaan, Manfaat, dan Tips Memulainya

28 September 2022 17:09 2301 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama kamu bisa mencoba untuk memulai Side Hustle, sama halnya dengan pekerjaan sampingan side hustle juga bisa mengisi waktu luang kamu ketika melakukan pekerjaan di rumah dan bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

 

Namun ada beberapa perbedaan side hustle dengan kerja sampingan, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai side hustle ini kamu bisa menyimak pembahasan kali ini karena kami akan membahas mengenai apa itu side hustle lebih dalam.

 

Pengertian Side Hustle

Side hustle adalah sebuah pekerjaan tambahan yang dimiliki oleh seseorang di samping pekerjaan utamanya, Adapun untuk tujuan utama dari side hustle ini adalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan kebanyakan orang biasanya akan mengkategorikan sistem kerja ini ke dalam self employment atau wirausaha.

 

Untuk beberapa contoh dari side hustle diantaranya adalah sebagai berikut:

 

  • Menjadi seorang freelancer
  • Menjadi fotografer
  • Menjadi videografer
  • Menjadi desainer
  • Menjadi penulis
  • Membuat online tutor

Biasanya orang-orang akan memilih untuk mengejar fashionnya melalui side hustle ini dan tidak jarang juga ada banyak orang yang lama-kelamaan menjadikan sad hustle ini menjadi sebuah profesi utama yang menggantikan pekerjaan mereka di kantor.

 

Dalam bahasa Indonesia sendiri send hustle memang lebih lazim dikenal sebagai pekerjaan sampingan namun untuk istilah lain biasanya disamakan dengan sidegig atau side job.

 

Perbedaan Side Hustle dengan Kerja Sampingan

Ada beberapa perbedaan antara side hustle dengan kerja sampingan, untuk beberapa perbedaannya yaitu sebagai berikut.

 

Kesempatan Bagi Orang-Orang Untuk Bisa Mengejar Fashion 

Perbedaan yang pertama adalah side hustle ini merupakan sebuah kesempatan bagi orang-orang untuk bisa mengejar fashion mereka dalam bekerja, bagi kamu yang menjadi salah satu orang yang memiliki pekerjaan full time di bidang yang sebenarnya kurang kamu sukai maka saya hustle ini bisa jadi jalan keluar kamu tanpa harus memilih resign dari kantor. Di sisi lain pekerjaan sampingan memberikan kamu income tambahan baik itu melalui pekerjaan yang sesuai passion atau tidak.

 

Identik Dengan Usaha

Perbedaan berikutnya dari side hustle dan kerja sampingan adalah umumnya kamu bisa mendapatkan kerja sampingan dari berbagai cara mulai dari melamar kerja part time ataupun freelance di sebuah perusahaan, namun untuk side hustle kamu bisa menjadi seorang freelance yang mengerjakan pekerjaan yang kamu sukai di berbagai situs freelancer atau job portal. Side hustle juga lebih identik dengan usaha kecil yang kamu bangun sendiri misalnya saja membuat usaha maupun bisnis.

 

Cenderung Sedikit Lebih Fleksibel

Karena said hustle ini identik dengan usaha yang dibangun oleh sendiri maka akan cenderung sedikit lebih fleksibel dalam mengerjakan pekerjaan sampingannya, misal ketika kamu memilih sein hustle menjadi seorang fotografer dan menjual hasil karya foto kamu ke situs shutterstock kamu bisa memilih kebebasan dan memutuskan foto mana yang akan kamu jual.

 

Manfaat Side Hustle

Selain akan mendapatkan penghasilan tambahan ketika kamu memulai side hustle ternyata side hastol juga memiliki beberapa manfaat lain yaitu:

 

Mencapai self-fulfillment

Manfaat yang pertama ketika kamu memulai side hustle adalah kamu bisa mencapai self fulfillment atau pemenuhan diri, tentunya hal ini sangatlah penting agar bisa membuat kamu merasa puas dan bahagia akan segala hal yang kamu lakukan.

 

Meskipun pekerjaan di bidang yang tidak kamu cintai kamu tetap akan bisa melakukan berbagai kegiatan sesuai fashion yang seru dan menghasilkan ketika memulai side hustle, tidak hanya itu kamu juga bisa merasakan bahwa kamu memiliki kontrol penuh atas hidupmu dan menjadi lebih percaya diri untuk menjalani aktivitas.

 

Menambah motivasi

Manfaat berikutnya dari side hustle adalah bisa menambah motivasi, jika sebelumnya kamu menjalani kegiatan sehari-hari dengan tidak semangat misalnya malas bangun pagi dan mengerjakan hal yang tidak kamu sukai, maka dengan memulai side hustle adalah cara yang tepat untuk menumbuhkan kembali motivasi yang hilang tersebut.

 

Sekarang kamu menjadi punya tujuan yang bisa membuatmu kembali semangat menjalani hari yaitu melakukan hal yang kamu sukai sekaligus bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari side hustle.

 

Meningkatkan skill

Manfaat terakhir yang akan kamu dapatkan ketika memulai saya daster adalah bisa meningkatkan skill atau kemampuan, Salah satu hal yang terbaik di dunia ini adalah bisa melakukan hal yang kita senangi sekaligus belajar dan menguasainya, misalnya kamu suka fotografi tapi terkadang kamu merasa bahwa skill akan fotografi tersebut kurang memadai yang akhirnya kamu merasa kurang percaya diri dan tidak lagi menganggap fotografi tersebut sebagai hobi dan minat kamu.

 

Dengan memulai side hustle kamu bisa merawat hobi dan minat kamu tersebut agar bisa diasah lebih dalam yang nantinya kamu bisa menggunakannya untuk mencari uang tambahan sekaligus mengasah hard skill dalam fashion tersebut.

 

Tips Memulai Side Hustle

Bagi kamu yang saat ini masih belum mengetahui bagaimana cara untuk memulai said hustle, kamu bisa menyimak pembahasan kali ini karena kami akan memberikan tips bagaimana cara memulainya di bawah.

 

Realistis

Tips yang pertama untuk memulai side hustle adalah kamu harus realistis, yang pertama kamu harus mengetahui berapa banyak waktu yang bisa kamu luangkan untuk menjalankan side hustle ini.

 

Dalam memulai side hustle tentunya kamu tidak ingin berujung pada burn out atau stress karena harus mengerjakan banyak hal dalam satu waktu, meskipun kamu mengerjakan sesuatu sesuai dengan fashion kamu akan yang perlu diingat kamu masih hanyalah seorang manusia yang pasti punya batasan. Oleh karena itu kamu harus mengukur kemampuan kamu terlebih dahulu secara realistis agar bisa mencapai goals yang diinginkan.

 

Merencanakan budget

Tips berikutnya untuk memulai side hustle adalah kamu harus merencanakan anggaran atau budget, seperti yang kita ketahui bahwa said hustle adalah kerja sampingan yang terkadang ketika memulainya memerlukan modal di awal, misalnya ketika kamu ingin menjadi seorang fotografer kamu harus membeli terlebih dahulu kamera serta lensa dan peralatan lain yang memadai.

 

Kamu harus bisa menghitungnya dari sekarang agar benar-benar mempertimbangkan apakah side hustle ini layak kamu perjuangkan atau malah hanya akan membebani kamu dalam hal finansial.

 

Pertimbangkan kemungkinan untung

Berikutnya adalah kamu harus mempertimbangkan kemungkinan untung, mengejar fashion melalui sedan memang penting dan menyenangkan akan tetapi kamu juga harus memastikan tidak membuang-buang waktu secara percuma dalam menjalaninya.

 

Kecuali ketika memang tujuan utama kamu memulai sadar setelahnya untuk kesenangan saja dan tidak mengharapkan penghasilan tambahan ataupun uang, jadi pada akhirnya saya datang ini haruslah berubah sesuatu yang menghasilkan untukmu maka pikirkan dan riset kembali apakah bidang yang kamu pilih untuk memulai desain hustle itu menguntungkan ataupun tidak.

 

Pertimbangkan skill kamu

Tips yang terakhir untuk memulai file hustle adalah kamu harus mempertimbangkan skill yang kamu miliki, meskipun pada awalnya kamu memang sudah memiliki skill fotografi dan berlandaskan hal tersebut dalam memulai usaha kamu ingin memulainya di bidang videografi hal tersebut memang tidak salah, akan tetapi kamu harus mengetahui batasan kamu dalam kemampuan terutama jika kamu memang ingin melebarkan sayap pada keahlian lain.

 

Namun jika kamu ingin melihat hasil yang cepat ada baiknya kamu memilih side hustle di bidang sesuai dengan kemampuan kamu, karena pada akhirnya saya kasih tahu adalah peluang yang bisa kamu optimalkan untuk mencari penghasilan tambahan dari skill ataupun passion yang kamu miliki.

 

Nah itu tadi pembahasan mengenai side hustle mulai dari pengertian, perbedaan, manfaat dan tips memulainya. Bagi kamu yang ingin memulai sedekah setelah kamu harus mempertimbangkan terlebih dahulu berbagai poin di atas jadi jangan sampai kamu memulai send hustle tanpa memiliki tujuan dan malah resign dari pekerjaan utama kamu di kantor.

 

Adapun bagi kamu yang saat ini belum memiliki pekerjaan kamu bisa mencari lowongan pekerjaan terbaru pada TopKarir, dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar