Pencari Karir Pencari Kandidat

Apa Itu Glossophobia? Berikut Pengertian, Tanda, Penyebab, dan Tips Mengatasinya

03 Oktober 2022 14:10 1236 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Jika kamu pernah merasa takut untuk berbicara di depan umum bisa jadi kamu mengalami Glossophobia, kondisi ini sebenarnya cukup umum terjadi pada banyak orang karena tidak setiap orang bisa melakukan public speaking dan berbicara di depan umum.

 

Namun hal ini akan sangat mengganggu bila kamu mengalaminya ketika bekerja baik itu di kantor ataupun bekerja di rumah yang notabene memerlukan keahlian public speaking baik itu untuk melakukan presentasi ataupun menjelaskan pekerjaan kepada klien dan atasan.

 

Mungkin untuk sebagian orang public speaking terdengar merupakan hal yang sepele, namun sebenarnya ketika kamu memiliki skill public speaking yang bagus tentunya hal ini bisa meningkatkan kredibilitas kamu dan dikenal sebagai sosok yang profesional di dunia kerja.

 

Namun sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan ini dan bahkan mungkin kamu termasuk orang yang mengalami ketakutan atau rasa cemas berlebih ketika harus berbicara di depan umum atau banyak orang.

 

Pengertian Glossophobia

Glossophobia sebenarnya bukanlah penyakit berbahaya ataupun penyakit yang memiliki kondisi kronis, ini hanyalah istilah medis untuk menggambarkan rasa takut yang berlebih.

 

Glossophobia adalah phobia sosial ataupun gangguan kecemasan sosial yang tidak boleh dianggap remeh karena kecemasan ini bisa memburuk seiring berjalannya waktu dan jika dibiarkan maka gangguan kecemasan ini bisa berdampak pada kehidupan kamu baik itu dalam bekerja ataupun beraktivitas sehari-hari.

 

Tanda-tanda Glossophobia

Glossophobia ditandai dengan beberapa tanda-tanda yang mana tanda tersebut tergantung pada tingkatan keparahan dari kondisi glossophobia itu sendiri, namun untuk beberapa tanda-tanda fisik yang paling umum terjadi yaitu sebagai berikut:

 

  • Tiba-tiba muncul rasa panas di sekitar tubuh
  • Tubuh jadi mudah berkeringat
  • Merasa sesak nafas
  • Sakit kepala
  • Mulut kering
  • Kepala pusing
  • Mati rasa
  • Tubuh kesemutan
  • Sering bolak-balik kamar mandi untuk buang air kecil atau besar
  • Mendengar suara berdengung pada telinga
  • Kebingungan

Untuk beberapa tanda gejala glossophobia sebenarnya tiap orang akan berbeda-beda namun yang umum dan sering terjadi adalah beberapa gejala ataupun tanda-tanda di atas.

 

Penyebab Glossophobia

Glossophobia sebenarnya memiliki beberapa penyebab yang mana tiap orang memiliki penyebabnya masing-masing, contohnya ada banyak orang yang takut berbicara di depan umum karena mereka takut dihakimi dan dipermalukan. Selain itu ada juga yang memiliki pengalaman tidak menyenangkan saat berbicara di depan umum baik itu saat melakukan presentasi dan mendapatkan komentar buruk.

 

Adapun untuk beberapa penyebab glossophobia lebih lengkapnya kamu bisa menyimaknya berikut ini.

 

Faktor Biologis Atau Genetik

Penyebab yang pertama kamu mengalami glossophobia adalah bisa saja disebabkan oleh faktor genetika atau biologis, seperti yang kita ketahui bahwa genetika dapat menentukan Bagaimana otak mengatur perasaan baik itu cemas, stres, guguk bahkan perasaan malu. Maka tidak heran ada beberapa orang yang mungkin dilahirkan secara alamiah dengan rasa pemalu.

 

Pengalaman Masa Lalu Yang Buruk

Penyebab berikutnya dari glossophobia adalah pengalaman masa lalu yang buruk, peristiwa hidup atau pengalaman masa lalu bisa saja menyebabkan trauma berbicara di depan umum, hal ini ketika ada orang yang memiliki masa lalu pernah dikritik atau dihina saat berusaha tampil di depan umum dan mereka akhirnya mengalami glossophobia.

 

Mempelajari Rasa Takut Dari Orang Lain

Penyebab terakhir glossophobia terjadi adalah karena mempelajari rasa takut dari orang lain, rasa takut berbicara di depan umum tentunya dapat berkembang Setelah mempelajari rasa takut dan orang lain yang mungkin pernah mengalami sesuatu yang buruk saat berbicara di depan umum.

 

Contoh lain misalnya seorang anak yang tumbuh besar bersama dengan orang tua yang minim sekali berinteraksi dengan dunia luar atau pun jarang berinteraksi sosial dan berbicara di depan umum, maka nantinya anak tersebut juga akan tumbuh menjadi seorang pribadi yang pemalu dan takut berbicara di depan banyak orang atau mengalami glossophobia.

 

Tips Mengatasi Glossophobia Agar Tidak Menghambat Dalam Bekerja 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa glossophobia merupakan salah satu gejala cemas berlebihan ketika kita melakukan interaksi sosial di depan umum ataupun melakukan public speaking pada orang, phobia ini tentunya akan sangat mengganggu kita baik itu dalam bekerja maupun dalam beraktivitas sehari-hari.

 

Oleh karena itu untuk bisa menghindarinya dan mengatasi gejala ini kamu bisa menyimak beberapa tips berikut ini yang akan kamu berikan untuk mengatasi glossophobia agar nantinya tidak akan menghambat kamu dalam bekerja, untuk beberapa tipsnya kamu bisa menyimaknya sebagai berikut.

 

Sering Melakukan Diskusi

Tips yang pertama untuk mengatasi glossophobia adalah dengan cara sering melakukan diskusi, contohnya ketika kamu harus mempresentasikan sebuah materi dalam rapat di Kantor ada baiknya langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah Memulai Dengan diskusi, kamu bisa memberikan beberapa pertanyaan kepada audiens yang mengundang untuk diskusi agar bisa membantu menghilangkan tekanan dalam diri kamu sementara waktu.

 

Mengenali Perasaan Sendiri

Berikutnya adalah dengan mengenali perasaan diri sendiri, agar bisa menguasai rasa gugup yang ada pada diri kamu perlu untuk mengenali dimana asal kemunculannya terlebih dahulu.

 

Perasaan yang muncul dalam diri baik itu perasaan gugup bisa saja disebabkan oleh kegembiraan dan tidak selalu dipicu oleh hal-hal negatif oleh karena itu kamu bisa mengingatkan bahwa perasaan gubuk yang kamu rasakan saat melakukan public speaking ataupun presentasi di depan umum merupakan sesuatu hal yang baik bagi kamu.

 

Cobalah Untuk Melakukan Kontak Mata Ketika Berbicara

Tips berikutnya untuk mengatasi glossophobia adalah Saat berinteraksi kamu bisa melakukan kontak mata dengan audiens ketika berbicara, selain melakukan kontak mata kamu juga bisa melakukan interaksi lain dengan audien contohnya memberikan respon dengan mengganggu ataupun tersenyum. Hal ini akan membantu kamu untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu dan perlahan menghilangkan gejala glossophobia yang kamu alami.

 

Banyak Berlatih Publik Speaking 

Tentunya sebelum berbicara didepan umum agar kamu tidak mengalami gejala glossophobia dan mendapatkan diri kamu cemas berlebih saat akan memulai pembicaraan adalah kamu harus banyak berlatih terlebih dahulu, agar kamu menguasai materi yang akan kamu sampaikan.

 

Saat kamu sudah menguasai materi yang akan kamu sampaikan baik itu materi presentasi ataupun laporan untuk perusahaan yang akan kamu sampaikan di depan umum, kamu bisa lebih tenang dan tidak mengalami glossophobia.

 

Nah itu tadi pembahasan mengenai apa itu glossophobia mulai dari pengertian, tanda-tanda, penyebab tips mengatasinya. Kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas untuk mengatasinya dan mengurangi rasa ketakutan ataupun rasa cemas ketika berbicara di depan umum, hal ini agar tidak menjadi gangguan dalam kehidupan kamu baik itu kehidupan sehari-hari maupun dalam karir.

 

Bagi kamu yang saat ini belum memiliki pekerjaan kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru dan terlengkap pada TopKarir, dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar