Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Tips Mengatur Waktu Kuliah Sambil Bekerja Freelance

08 Desember 2022 16:12 1793 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

 

Bekerja sebagai freelance tidak hanya bisa dilakukan orang orang yang sudah lulus menempuh pendidikan saja, karena para mahasiswa atau orang yang sedang kuliah pun bisa menjadi seorang freelancer.

 

Namun biasanya tantangan yang didapatkan oleh kamu saat nekat kuliah sambil bekerja freelance akan cukup banyak, kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik antara kapan waktunya belajar dan masuk kuliah. Serta mengatur waktu yang cocok untuk bekerja freelance.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui tips bagaimana cara mengatur waktu kuliah sambil bekerja freelance, kamu bisa menyimak pembahasan kali ini karena kami akan memberikan bagaimana tipsnya, namun sebelum itu ada baiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan kuliah sambil bekerja freelance di bawah.

 

Kelebihan Kuliah Sambil Bekerja Freelance

 

 

Ada beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika memilih kuliah sambil bekerja freelance, salah satu kelebihannya yaitu sebagai berikut.

 

Bisa Menambah Pengalaman Kerja

Kelebihan pertama kamu bisa mendapatkan pengalaman bekerja, seperti yang kita ketahui saat nantinya sudah lulus dan melamar pekerjaan HRD tentunya akan lebih menyukai para Fresh Graduate yang memiliki pengalaman kerja dibandingkan dengan yang tidak punya.

 

Oleh karena itu kuliah sambil bekerja freelance bisa kamu coba agar pengalamanmu dalam bekerja secara profesional menjadi lebih banyak.

 

Kamu bisa mengerjakan pekerjaan freelance baik itu dari client maupun dari perusahaan yang membutuhkan jasa kamu, dan hasil pekerjaan yang sudah kamu kerjakan tentunya bisa menjadi nilai tambah saat nantinya kamu akan melamar pada bekeja utama.

 

Membangun Portofolio

Berikutnya adalah dengan kuliah sambil bekerja freelance kamu bisa sambil membangun Portofolio, biasanya dalam melamar pekerjaan portofolio ini akan dilampirkan berbarengan dengan CV serta surat lamaran kerja.

 

Portofolio memiliki berbagai bentuk tergantung dari jenis pekerjaan freelance apa yang kamu kerjakan, jika kamu bekerja sebagai freelance designer maka desain yang kamu buat bisa dijadikan portofolio. Dan jika kamu bekerja Freelance sebagai developer maka hasil pekerjaan atau source code program bisa dijadikan sebagai Portofolio.

 

Menambah Networking 

Bisa kamu bayangkan ketika kamu kuliah sambil bekerja freelance, tentunya hal ini akan membuat networking kamu menjadi lebih luas dan banyak. Selain beberapa koneksi dari kampus, dengan bekerja freelance kamu juga bisa mendapatkan networking dari luar kampus. Bahkan jika client freelance kamu dari luar negeri tentunya kamu juga bisa menjalin relasi dengan mereka.

 

Dengan banyaknya networking tentu akan sangat membantu bagi kamu saat nantinya akan melamar pada pekerjaan utama. Apalagi jika saat bekerja freelance performa kamu baik bisa saja client yang memesan jasa malah akan mengangkat kamu menjadi karyawan tetap di perusahaan mereka.

 

Mendapatkan Uang

Kelebihan berikutnya yang tentunya menjadi salah satu alasan utama mahasiswa kuliah sambil bekerja freelance adalah untuk mendapatkan uang.

 

Tidak bisa dipungkiri uang masih menjadi tujuan utama terutama bagi para mahasiswa yang membutuhkan uang tambahan baik itu untuk biaya kuliah, atau hanya sekedar untuk menambah uang jajan.

 

Melatih Time Management 

Yang terakhir adalah bisa melatih Time Management, meskipun kuliah sudah cukup sibuk dan padat. Namun jika kamu bisa kuliah sambil bekerja freelance maka skill Time Management kamu akan sangat baik.

 

Time Management akan sangat membantu dan berguna sekali agar saat dihadapkan pada situasi yang sibuk kamu bisa tetap mengerjakan segala bentuk tugas dengan baik dan tanpa melewati deadline yang ditentukan.

 

Tips Mengatur Waktu Kuliah Sambil Bekerja Freelance

 

 

Namun untuk mendapatkan beberapa kelebihan yang sudah disebutkan diatas tentunya prosesnya tidak semudah itu, karena kita harus melewati beberapa tahap yang bisa dibilang cukup menguras pikiran dan Tenaga.

 

Namun kamu tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan bagaimana tips mengatur waktu kuliah sambil bekerja freelance akan kamu bisa melewatinya dengan mudah. Apa saja tipsnya? Mari simak pembahasannya hingga akhir dibawah.

 

Tulis Jadwal Pada Kalender

Tips yang pertama kamu bisa mulai menuliskan segala bentuk jadwal atau bahkan waktu bekerja dalam sebuah kalender atau catatan tertentu, hal ini dilakukan agar kamu bisa lebih teratur dan terjadwal dalam mengerjakan baik itu tugas Kuliah atau bekerja freelance.

 

Selain itu dengan menuliskan jadwal pada kalender waktu kuliah sambil bekerja freelance kamu tidak akan bentrok satu sama lain. Jadi baik itu kuliah atau bekerja tidak ada terganggu.

 

Untuk menuliskan jadwal kamu bisa memanfaatkan software seperti Google kalender, atau menggunakan Google Keep.

 

Kerjakan Tugas Kuliah atau Freelance Satu Persatu

Agar waktu Kuliah sambil bekerja freelance kamu bisa berjalan beriringan, maka kamu bisa mengerjakan tugas kuliah atau bekerja freelance satu persatu.

 

Disini saat kamu mengerjakan tugas kuliah maka jangan campuri waktu tersebut untuk bekerja freelance. Dan sebaliknya, jika kamu sedang mengerjakan pekerjaan freelance maka tugas kuliah bisa dikerjakan setelah bekerja.

 

Dengan begini maka kamu bisa menghindari kerja multitasking yang dapat membuat waktu, tenaga, serta pikiran kamu di pakai dengan ekstra.

 

Manfaatkan Waktu Libur

Tips berikutnya adalah kamu bisa memanfaatkan waktu libur untuk bekerja freelance. Agar waktu kuliah sambil bekerja freelance bisa berjalan dengan baik kamu juga bisa memanfaatkan waktu libur dengan memaksimalkan untuk menyelesaikan proyek freelance.

 

Jika kamu tidak ingin waktu kuliah tergantung, maka cara ini bisa kamu gunakan karena di waktu libur biasanya tidak akan ada kelas atau tugas yang harus dikerjakan.

 

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan waktu saat senggang sepulang kuliah, baik itu malam hari atau sore hari tergantung kapan kamu pulang dari kampus.

 

Gunakan Skala Prioritas Dalam Bekerja

Saat kamu mendapatkan pekerjaan freelance dan jadwal kuliah bentrok maka kamu harus menggunakan skala prioritas dalam memilih hal mana yang akan kamu kerjakan terlebih dahulu.

 

Seperti yang kita tahu kuliah merupakan sebuah prioritas bagi para mahasiswa, namun beda halnya jika kita mendapatkan projects freelance yang cukup besar, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih mana yang akan dipilih karena client tidak akan datang dua kali.

 

Manfaat Teknologi Dalam Bekerja 

Tips yang terakhir untuk mengatur waktu kuliah sambil bekerja freelance adalah dengan memanfaatkan teknologi dalam bekerja. Contohnya seperti menggunakan tools manajemen proyek atau software yang dapat membantu kamu lebih cepat mengerjakan pekerjaan freelance yang kamu kerjakan.

 

Dengan begitu maka, waktu kamu bisa lebih optimal serta efisien baik itu saat kuliah atau bekerja freelance. 

 

Selain itu kamu juga bisa mulai menggunakan beberapa tools atau software yang sudah berbasis cloud agar proses kolaborasi dengan client bisa lebih mudah, contohnya kamu bisa menggunakan beberapa tools seperti Google drive, Google Spreadsheet, Google Slide, dan beberapa software lainnya. 

 

Penutup 

Nah itu tadi pembahasan mengenai tips mengatur waktu kuliah sambil bekerja freelance, bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja freelance, dan ingin menambah networking kamu bisa bergabung dengan komunitas kami di TopKarir Community.

 

Dapatkan juga berbagai informasi mengenai lowongan kerja terbaru melalui TopKarir, disini selain informasi mengenai lowongan kerja kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

 

Komentar