Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Rekomendasi Job Freelance Yang Bisa Dikerjakan Malam Hari

25 November 2022 16:11 359 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Untuk bisa bekerja menjadi seorang freelance kamu tidak perlu resign dari pekerjaan utama di kantor, karena saat ini ada berbagai job freelance yang bisa dikerjakan pada malam hari sepulang bekerja.

 

Dengan mengambil job freelance di malam hari selain tentunya kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan, pekerjaan utama kamu di kantor juga tidak akan terganggu.

 

Meskipun saat ini job freelance sudah banyak namun tidak sedikit orang yang belum mengetahui apa saja job freelance yang bisa dikerjakan di malam hari tanpa mengganggu pekerjaan di kantor, lalu apa saja pekerjaannya? Mari simak pembahasan lebih lengkapnya sampai akhir dibawah.

 

5 Rekomendasi Job Freelance Yang Bisa Dikerjakan Malam Hari 

Di jaman yang semakin berkembang seperti sekarang ini, tentunya ada banyak pekerjaan freelance yang bisa kita ambil mulai dari menjadi seorang programmer, hingga content creator. 

 

Bagi kamu yang tertarik menjadi seorang freelance namun tidak ingin resign dan mengganggu pekerjaan utama kamu di kantor, maka beberapa rekomendasi job freelance berikut ini bisa kamu coba karena bisa dikerjakan di malam hari.

 

Developer 

Job freelance pertama yang bisa dikerjakan dimana hari adalah menjadi seorang developer, bekerja sebagai seorang freelance developer biasa nya lebih enak di malam hari, hal ini karena malam hari di rasa waktu yang cocok untuk mengerjakan projects karena suasananya lebih tenang.

 

Karena biasanya seorang freelance developer akan mengerjakan project dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu yang tentunya sangat rumit, maka suasana sangatlah berpengaruh dalam proses pengerjaan. Jika suasananya tidak kondusif maka seorang developer bisa saja tidak bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. 

 

Developer sendiri setidaknya 4 jenis yang bisa kamu pilih. mulai dari web developer, mobile developer, desktop developer, game developer Dan untuk perbedaan dari ketiga developer tersebut adalah sebagai berikut.

 

1. Web Developer

Pertama adalah web developer, untuk web developer ini biasanya akan mengerjakan projects yang berfokus pada pembuatan sebuah website. Untuk bahasa pemrograman yang dipakai seperti : HTML, CSS, Javascript, PHP dan bisa juga menggunakan framework dari bahasa tersebut.

 

Contohnya untuk framework HTML dan CSS kamu bisa menggunakan framework bootstrap atau Tailwind, dan untuk framework javascript kamu bisa menggunakan Node JS, React dan masih banyak lagi.

 

Dalam web developer juga dibagi lagi menjadi tiga jenis yaitu front end developer, backend developer, dan full stack developer. 

 

  • Front end developer : adalah developer website yang berfokus pada tampilan antarmuka sebuah website. 
  • Backend developer : adalah developer yang akan menghubungi sebuah logic yang ada pada website, biasanya backend developer akan sering berkoordinasi juga dengan database Engineer untuk mengambil data.
  • Full Stack developer : adalah developer yang mengerjakan mulai dari front end hingga backend oleh seorang diri, biasanya gaji dari seorang full Stack developer akan lebih besar dari keduanya. Dan untuk bisa menjadi seorang Full stack developer kamu bisa menggunakan framework PHP seperti Laravel.

2. Mobile Developer

Developer berikutnya adalah mobile developer, beda dengan web developer seorang mobile developer akan berfokus dalam mengembangkan aplikasi mobile pada handphone.

 

Untuk bisa menjadi seorang mobile developer kamu harus menguasai bahasa pemrograman yang berbeda dengan website karena platform yang dipakai berbeda, contoh bahasa pemrograman nya yaitu menggunakan: Java, Kotlin, Flutter, dan masih banyak lagi.

 

Dalam Mobile developer dibagi menjadi dua yaitu android Developer dan IOS developer, untuk android developer kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman Kotlin, Java, flutter. Sedangkan untuk IOS developer kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman Swift atau flutter.

 

3. Desktop Developer 

Developer berikutnya adalah desktop developer, developer ini berfokus dalam mengembangkan aplikasi atau software untuk laptop atau desktop, bahasa pemrograman yang digunakan sendiri adalah Java, C++ dan masih banyak lagi.

 

Bekerja sebagai freelance desktop developer bisa menjadi salah satu pilihan yang menjanjikan, karena pekerjaan ini jarang ada yang bisa menguasai nya namun peminat atau client nya banyak.

 

4. Games Developer 

Yang terakhir adalah game developer, jika kamu seorang gamer dan suka bermain game maka menjadi seorang games developer bisa kamu coba. Untuk bisa menjadi seorang game developer sendiri kamu harus bisa menguasai bahasa pemrograman untuk membuat nya. Contohnya seperti bahasa pemrograman C# serta harus menguasai juga software pembuat game seperti Unity.

 

Freelance game developer sendiri bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu pilih karena bisa dikerjakan Dimana saja dan kapan saja. Serta tidak akan mengganggu pekerjaan utama kamu di kantor karena di malam hari pun bisa dikerjakan.

 

Graphic Designer

Pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan dimana hari berikutnya adalah bekerja sebagai freelance graphic designer, graphic design atau desain grafis saat ini menjadi salah satu pekerjaan yang memiliki banyak sekali peminat.

 

Hal ini karena graphic designer akan pada segala bidang dan jenis perusahaan, apalagi saat ini kita dihadapkan pada jaman sosial media dan pergerakan informasi sangatlah cepat. Maka dari itu graphic designer merupakan pekerjaan yang sangat dibutuhkan saat ini.

 

Untuk bisa menjadi seorang graphic designer kamu harus bisa menguasai minimal satu tools atau software design seperti Photoshop, Corel draw, Adobe illustrator, hingga Figma tergantung dari nyaman kamu mendesain dimana.

 

Selain bisa dikerjakan di malam hari, bekerja sebagai freelance graphic designer merupakan salah satu pekerjaan yang mendapat penghasilan cukup besar dan bisa saja melebihi gaji di pekerjaan utama kamu di kantor.

 

Digital Marketer

Job freelance berikutnya yang bisa dikerjakan di malam hari adalah bekerja sebagai digital marketer, untuk bisa menjadi seorang digital marketer tentunya kamu harus bisa menguasai beberapa skill terlebih dahulu, contohnya seperti skill berikut.

 

  • Ads
  • SEO 
  • Copywriting
  • Sosial Media
  • Analysis
  • Komunikasi 

Bekerja sebagai digital marketer biasanya kamu akan sering bekerja dengan memanfaatkan media digital untuk kebutuhan promosi atau pemasaran, selain itu kamu juga akan bertugas sebagai sales untuk mencari pelanggan hingga bekerja untuk meningkatkan brand awareness dari perusahaan atau jasa.

 

Seorang digital marketer dituntut untuk bisa membuat Copywriting dari produk, memanage sosial media hingga harus bisa menganalisis hasil dari konten yang sudah tayang pada sosial media.

 

Content Creator

Pekerjaan freelance berikutnya yang bisa dikerjakan di malam hari tanpa mengganggu pekerjaan utama adalah sebagai content creator, saat ini sudah banyak sekali wadah untuk para content creator karena ada berbagai sosial media dan platform yang bisa dimanfaatkan, contohnya seperti: Tiktok, Instagram, YouTube, hingga Facebook.

 

Biasanya banyak client yang membutuhkan jasa dari freelance content creator untuk memasarkan produk mereka melalui konten-konten sosial media, untuk bisa menjadi seorang freelance content creator kamu setidaknya harus menguasai bagaimana cara editing video dan memiliki dasar kemampuan story telling.

 

Pekerjaan freelance content creator tentunya bisa dikerjakan di malam hari, karena seperti yang kita tahu freelance merupakan pekerja lepas jadi tidak ada mengganggu waktu kerja kamu di kantor.

 

Visual Assistant 

Job freelance yang bisa dikerjakan di malam hari yang terakhir adalah menjadi seorang visual assistant, pekerjaan ini sendiri bertugas untuk memberikan sebuah layanan administrasi serta dukungan bisnis untuk perusahaan melalui remote atau jarak jauh.

 

Pekerjaan freelance ini semakin banyak diminati karena dinilai lebih efektif dan efisien, jika dibandingkan dengan assistant lain yang bahkan memerlukan ruangan khusus, bagi seorang visual assistant mereka bisa memberikan layanan bagi perusahaan dimana saja dan kapan saja bahkan di malam hari.

 

Untuk Tugas lain yang akan kamu dapatkan saat bekerja sebagai freelance visual assistant diantaranya adalah menjadi asisten pribadi, melakukan entry data, mengelola sosial media perusahaan atau atasan, melayani client atau pelanggan hingga bertugas untuk mengelola email yang masuk pada perusahaan.

 

Agar bisa menjadi seorang freelance visual assistant setidaknya kamu harus memiliki kemampuan yang baik dalam komunikasi dan menguasai software pengelolaan dokumen Seorang Microsoft office atau google dokumen.

 

Kesimpulan 

Saat ini pekerjaan freelance bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa kita harus resign dari pekerjaan utama di kantor, karena di jaman yang sudah modern seperti sekarang ada berbagai pekerjaan freelance yang bisa kamu kerjakan di malam hari sepulang dari kantor. Untuk beberapa pekerjaan seperti yang sudah dibahas di atas.

 

Jadi bagi kamu yang tertarik untuk pekerjaan freelance kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan kerja freelance di atas melalui TopKarir. Dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar dunia karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar