Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Kelebihan Fresh Graduate Dalam Dunia Kerja

09 Agustus 2022 16:08 829 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Sebagai seorang lulusan baru ada banyak orang yang merasa minder ketika mereka pertama kali terjun dalam dunia kerja, Padahal tanpa kamu sadari ada banyak sekali keunggulan dari fresh graduate yang bisa kamu banggakan.

 

Kebanyakan dari fresh graduate ini percaya bahwa perusahaan tidak tertarik untuk merekrut mereka hal ini dikarenakan para fresh graduate merasa bahwa mereka kurang pengalaman kerja, namun pada kenyataannya pengalaman bukanlah satu-satunya faktor yang dapat menentukan apakah seorang kandidat tersebut akan diterima oleh perusahaan ataupun tidak karena ada banyak poin penting lainnya yang harus dilihat HRD ketika mereka pegawai.

 

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas Apa saja kelebihan dari fresh graduate dalam dunia kerja dan bisa membuat HRD bisa mempertimbangkan kamu untuk masuk pada perusahaan mereka, namun sebelum itu ada baiknya kamu juga harus mengetahui arti mengenai apa itu fresh graduate, Adapun untuk pengertiannya kamu bisa melihatnya di bawah.

 

Pengertian Fresh Graduate

fresh graduate adalah seorang lulusan perguruan tinggi S1, D3, ataupun D4 yang belum memiliki pengalaman secara profesional dalam bekerja. Biasanya mereka merupakan lulusan baru yang baru saja akan berkecimpung pada dunia kerja, seorang fresh graduate biasanya akan merasa minder dan juga masih bingung saat akan masuk di dunia kerja.

 

5 Kelebihan Fresh Graduate Dalam Dunia Kerja

Sebagai seorang fresh graduate artinya kamu memiliki kesempatan untuk bekerja dalam berbagai bidang hal ini karena selain kamu memiliki skill dan juga semangat yang masih tinggi kelebihan fresh graduate lainnya adalah kamu masih bisa dibentuk dan juga menjadi seorang profesional dalam bidang tertentu. Bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja kelebihan dalam dunia kerja kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya berikut ini.

 

Semangat Belajar Tinggi

Kelebihan fresh graduate dalam dunia kerja yang pertama adalah semangat belajar tinggi, sebagai seorang lulusan baru tentunya kamu akan merasakan bahwa dalam dunia kerja tidak sepenuhnya sama dengan apa yang telah kamu lalui di bangku perkuliahan, biasanya kamu akan menemukan banyak sekali hal yang berbeda salah satunya seperti lingkungan kerja dan juga penerapan teori dalam sebuah pekerjaan.

 

Oleh karena itu umumnya salah satu keunggulan yang dimiliki oleh para fresh graduate duit adalah semangat belajar yang tinggi, kamu akan didorong untuk banyak bertanya dan juga harus mengenai ilmu dalam pekerjaan yang belum kamu ketahui. Hal ini tentu saja akan berdampak baik bagi perusahaan karena banyak karyawan yang sudah berpengalaman merasa sudah banyak ilmu dan tidak lebih haus ilmu daripada seorang fresh graduate.

 

Pekerja Keras

Kelebihan selanjutnya adalah fresh graduate biasanya dilihat sebagai seseorang yang bekerja keras, tentunya dengan mendapatkan pekerjaan baru akan membuat seseorang termotivasi dan menunjukkan skill mereka ke perusahaan, hal ini termasuk hal yang dilakukan juga seorang fresh graduate.

 

Biasanya seorang fresh graduate cenderung akan lebih bekerja keras dibandingkan dengan para pekerja yang sudah lama di perusahaan tersebut, tentunya hal ini akan menjadi salah satu nilai tambah yang dicari oleh perusahaan.

 

Antusias Terhadap Pekerjaan

Berikutnya adalah antusias terhadap pekerjaan, dikarenakan para fresh graduate baru pertama kali terjun dalam dunia kerja biasanya mereka akan antusias terhadap pekerjaan yang sedang dijalankan, para fresh graduate ini akan memberikan yang terbaik dan juga akan mendorong terciptanya kompetisi yang sehat dalam perusahaan. Hal ini menyebabkan produktivitas dari setiap orang dalam perusahaan tersebut juga ikut meningkat karena tidak mau kalah oleh Fresh graduate tersebut.

 

Terbuka Akan Feedback

Kelebihan selanjutnya adalah terbuka akan feedback, para fresh graduate biasanya akan bersikap terbuka terhadap masukan kepada mereka, tentunya hal ini akan mendorong untuk memberikan kesan positif di dalam pekerjaan pertama sehingga selalu ingin tahu apakah kinerjamu sudah memenuhi harapan ataupun tidak.

 

Oleh karena itu biasanya mereka akan lebih terbuka dan juga ingin mendapatkan masukan terkait pekerjaan dan juga kinerja dari senior di kantor dan juga atasan.

 

Lebih up-to-date

Kelebihan terakhir yang dimiliki oleh para fresh graduate adalah lebih up to date, kebanyakan orang percaya bahwa semakin mudah seseorang maka ia akan dianggap lebih up to date daripada generasi yang lebih tua dari dia. Hal ini juga berlaku dalam dunia kerja karena banyak perusahaan menganggap bahwa keunggulan dari fresh graduate adalah mereka lebih tech savvy dan up to date akan perkembangan teknologi dan zaman.

 

Dengan kelebihan ini tentunya menjadi salah satu hal yang akan memberi kita dampak positif ketika melamar kerja pada suatu perusahaan karena semua perusahaan saat ini perlu untuk mengikuti trend pasar sesuai dengan kemajuan zaman.

 

Nah banyak bukan kelebihan dari fresh graduate? Jadi untuk para fresh graduate saat ini tidak perlu minder lagi karena kamu memiliki banyak sekali nilai jual dan juga kelebihan dibandingkan dengan para pekerja yang sudah lama di perusahaan.

 

Bagi kamu para fresh graduate yang ingin mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan dan juga tips and trik mengenai karir kamu bisa mengunjungi TipsKarir.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
5 Bisnis Online Minim Modal Untuk Fresh Graduate

5 Bisnis Online Minim Modal Untuk Fresh Graduate

Saat ini, bisnis online sedang jadi tren di kalangan milenial maupun Gen Z. Dengan modal yang engga banyak, kamu udah bisa mendapatkan pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari. Jenis bisnis ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi para fresh graduate. Berikut lima bisnis online yang bisa dicoba oleh fresh graduate.   Berjualan di Marketplace Kamu engga perlu modal besar untuk menyewa tempat. Cukup dengan laptop, PC, atau handphone, kamu sudah bisa memasang gambar produk yang ingin kamu jual lengkap dengan harga dan deskripsinya di situs marketplace.   Dropshipper Dropshipper bisa jadi solusi ketika kamu ingin mendapatkan penghasilan tapi engga punya barang yang bakal dijual. Kamu bisa menjalankan bisnis ini dengan menggunakan media sosial sebagai wadah promosi.   Jasa Web Development Kalau kamu punya pengalaman membuat website, kamu bisa coba membuka jasa web development. Kamu bisa mempromosikan jasa lewat situs freelance. Jika sudah mendapatkan klien, selesaikan proyek sebaik mungkin.   Membuka Jasa SEO Search Engine Optimization atau SEO sangat dibutuhkan di era serba digital ini. SEO digunakan untuk mendatangkan pengunjung ke website. Tawarkanlah jasa SEO yang menawarkan riset kata kunci kompetitor, strategi content marketing, audit website hingga Google Analytics.   Menjadi Blogger Buat kamu yang hobi menulis dan informasinya banyak dicari oleh pembaca, tentu kamu dapat mendapatkan keuntungan dari iklan. Caranya, pasang kode iklan di blog dan kamu akan mendapat komisi. Pastikan tampilan blog menarik dan isi kontennya berkualitas, ya!    itu dia tipsnya. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!
Komentar