Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Cara Menghilangkan Rasa Insecure Saat Baru Memulai Karir

10 Agustus 2022 15:08 1180 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Saat kamu baru memulai karir ataupun suatu bisnis tentu saja hal ini akan terasa berat, kamu akan seringkali mengalami rasa insecure yang begitu kompleks mulai dari tidak percaya diri sampai adanya rasa takut gagal. Sehingga hal ini membuat kamu merasa salah menekuni bidang karir tertentu ataupun salah memilih bisnis yang sedang kamu jalankan.

 

Perasaan Insecure adalah salah satu penghambat bagi para anak muda untuk bisa memulai karir, meskipun begitu bukan berarti kamu harus terus terpuruk dalam rasa insecure ini justru dari sinilah kamu harus mengumpulkan lebih banyak motivasi dan juga semangat untuk bisa mengejar impian kamu dan meraih kesuksesan.

 

Bagi kamu yang belum mengetahui Apa arti Insecure, Insecure artinya sebuah perasaan kurang percaya diri, malu, takut, gelisah, dan juga adanya rasa tidak aman yang disebabkan oleh rendahnya penilaian orang lain terhadap diri kamu. Insecure ini merupakan hal yang sudah biasa dan setiap orang pasti pernah mengalaminya. 

 

Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan kamu bagaimana cara untuk menghilangkan rasa insecure ini saat baru memulai karir, untuk beberapa caranya yaitu sebagai berikut.

 

5 Cara Menghilangkan Rasa Insecure Saat Baru Memulai Karir

Kuasai Bidang yang Minati 

cara menghilangkan rasa insecure yang pertama adalah kamu bisa menghilangkannya dengan cara menguasai bidang yang diminati sampai kalian ekspor sehingga pandangan orang pada kamu akan lebih baik karena kamu sudah menguasai bidang tertentu dengan mahir. 

 

Daripada kamu terus-menerus merasa insecure tentu saja hal ini akan sangat lebih berguna daripada terus merasa kurang dibandingkan orang lain. Maka langkah awal untuk menguasai bidang yang diminati dan ditekuni adalah salah satu cara untuk menghilangkan rasa insecure yang paling efektif.

 

Membuat Target 

Untuk menghilangkan rasa insecure berikutnya adalah dengan cara membuat target yang jelas dalam memulai karir di pekerjaanmu, ada kalanya rasa insecure datang dikarenakan oleh ketidakjelasan dari arah dan tujuan kita ketika memulai karir. 

 

Maka dari itu cobalah untuk membuat target serta tujuan yang jelas misalnya saja dalam kurun waktu satu atau dua bulan pekerjaan ataupun Project apa saja yang akan kamu selesaikan sudah jelas diatur dalam jadwal.

 

Cari Role Model atau Mentor

Memiliki role model ataupun mentor bisa juga untuk membuat rasa insecure kita hilang, Hal ini dikarenakan ketika kita memiliki mentor maka mereka akan membantu kita dalam mengambil langkah dan juga Membuat strategi yang tepat dalam berkarir. 

 

Rasa insecure juga seringkali muncul ketika kita merasa terasingkan dan tidak ada yang mendukung usaha kita dalam bekerja, oleh karena itu mencari role model atau mentor menjadi salah satu yang bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa insecure saat memulai karir.

 

Jadikan Kegagalan Sebagai Pelajaran

Saat kamu memulai karir dan juga memulai bisnis tentunya kamu akan dihadapkan pada sejumlah kegagalan, meskipun tidak mudah untuk menerima kegagalan tersebut akan tetapi kamu bisa mengambil pelajaran dari hal itu serta mengambil hikmah untuk dijadikan pengalaman kedepannya. Saat kamu gagal kamu tidak perlu merasa insecure karena hal ini menjadi salah satu peluang kamu untuk bisa mengevaluasi hasil kerja selama kamu merintis karir.

 

Pelajari Hal-Hal Baru

Perlu diketahui bahwa tidak semua pengalaman dan juga pelajaran kalian saat berada di bangku kuliah akan dipakai ketika kamu nantinya merintis karir, maka dari itu kamu perlu untuk secara sadar meningkatkan skill kamu dan mempelajari hal-hal baru yang nantinya akan berguna ketika kamu bekerja. Jangan sampai ketika kamu merasa tidak bisa mengerjakan salah satu pekerjaan maka kamu merasa insecure dan tertinggal dibandingkan orang lain. Saat kamu memiliki ilmu-ilmu baru maka hal ini akan dapat menghilangkan rasa insecure kamu saat memulai karir dalam bidang apapun.

 

Menghilangkan rasa insecure memanglah tidak mudah, namun bila kamu sudah berjuang dan berusaha menghilangkan segala bentuk rasa insecure dalam diri dan berani berproses untuk memulai karir maka tentunya masa depan karirmu akan membaik, Bagi yang saat ini baru memulai karir dan juga baru bekerja, tetap semangat!

 

Dapatkan informasi menarik lainnya mengenai informasi lowongan kerja serta informasi menarik lainnya mengenai karir dengan mengunjungi TipsKarir.

Komentar