Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Cara Mengasah Kemampuan Komunikasi Verbal di Dunia Kerja

18 Agustus 2022 15:08 878 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Bagi kamu yang ingin sukses dalam dunia kerja tentunya harus mengetahui bagaimana cara meningkatkan komunikasi verbal agar lebih efektif, Menurut Skills You Need, komunikasi verbal adalah kata-kata dengan tujuan untuk berbagi informasi dengan orang lain baik itu dalam bentuk lisan maupun dalam bentuk tulisan.

 

Adapun untuk perbedaan komunikasi verbal dan non verbal adalah untuk komunikasi non verbal hanya berfokus pada penggunaan bahasa tubuh ataupun kontak mata hingga ekspresi wajah dari lawan bicara, kedua hal ini tentunya sangatlah penting dalam dunia kerja karena setiap hari Kamu harus berkomunikasi ataupun berdiskusi dengan orang lain untuk bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan.

 

Untuk itu kamu yang ingin sukses dalam pekerjaan sebaiknya harus meningkatkan dan juga mengasah kemampuan komunikasi verbal ini, bagi kamu yang ingin mengetahui caranya kamu bisa mencari tahu bagaimana cara mengasah kemampuan verbal pada pembahasan kali ini.

 

5 Cara Mengasah Kemampuan Komunikasi Verbal 

Persiapkan Kata-Kata Sebelum Memulai Percakapan

Cara yang pertama untuk bisa mengasah kemampuan komunikasi verbal adalah dengan menyiapkan kata-kata sebelum kalian memulai untuk melakukan percakapan, contoh komunikasi verbal yang sering dilakukan adalah dengan teman kantor biasanya ketika kamu ingin mengobrol dengan mereka tentunya kita berharap mereka akan menanggapi obrolan kita dengan baik.

 

Untuk bisa melakukan obrolan dengan baik dan lancar tentunya sebaiknya kamu mempersiapkan terlebih dahulu kata-kata yang tepat jangan sampai kamu malah mengucapkan hal-hal yang menyakiti dirinya dan malah membuat suasana obrolan kamu semakin berat. Kamu harus memilih kosakata yang baik untuk bisa diucapkan karena hal tersebut sangatlah penting agar mudah dipahami oleh orang lain.

 

Bicaralah Dengan Jelas

Selanjutnya adalah dengan berbicara dengan jelas dan lantang, perhatikan kecepatan bicara kamu serta kejelasan dalam mengucapkan kata-kata apalagi ketika kamu harus berdiskusi ataupun sedang melakukan sebuah presentasi. Sebaiknya kamu berbicara dengan lebih santai agar kata-kata yang diucapkan dapat terdengar jelas dan mudah dimengerti oleh si pendengar.

 

Perhatikan Intonasi Suara

Cara mengasah kemampuan komunikasi verbal berikutnya adalah dengan cara memperhatikan intonasi suara kamu, mempelajari penggunaan intonasi yang tepat tentu saja menjadi salah satu cara untuk mengasah kemampuan komunikasi verbal kamu jadi saat kamu berbicara dengan atasan maupun rekan kerja jangan menggunakan intonasi yang tinggi karena akan dikira kamu sedang marah.

 

Hal tersebut juga akan membuat kamu terlihat seperti tidak sopan dan terkesan kasar, oleh karena itu kamu harus bisa memperhatikan intonasi suara kamu dan juga menempatkan intonasi tersebut di berbagai situasi saat kamu sedang berbicara dan menggunakan komunikasi verbal.

 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa melatih intonasi bicara yang tepat, misalnya saja dengan cara meminta keluarga ataupun teman dekat untuk memberikan penilaian kepada kita saat sedang berbicara. Kamu juga harus paham bahwa intonasi bicara sama pentingnya dengan kata-kata yang akan kamu ucapkan serta bahasa tubuh yang ditunjukkan.

 

Berbicara Dengan Percaya Diri

Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua orang bisa berbicara dengan percaya diri namun jika kamu ingin sukses di tempat kerja maka kamu harus bisa mengubah kebiasaan yang satu ini dan mulai mempelajari bagaimana caranya berbicara dengan percaya diri, dengan menumbuhkan rasa percaya diri saat berbicara di depan umum memanglah tidak mudah akan tetapi ada beberapa hal yang bisa kamu coba untuk bisa berbicara dengan lebih percaya diri.

 

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kepercayaan diri kamu saat sedang berbicara di depan publik, misalnya adalah penguasaan materi yang akan disampaikan, pemilihan kosakata, intonasi suara hingga bahasa tubuh yang kamu gunakan.

 

Perhatikan Lawan Bicara

Cara yang terakhir untuk mengasah kemampuan komunikasi verbal adalah dengan cara selalu memperhatikan ekspresi lawan bicara, saat kamu sedang berbicara dengan orang lain pastikan kamu harus fokus dalam menyampaikan materi yang akan kamu bacakan serta mengamati keadaan sekitar dan juga lawan bicara.

 

Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah lawan bicara mengerti apa yang diucapkan oleh kamu ataupun tidak dengan melihat ekspresi wajah mereka, jika wajah si pendengar terlihat kebingungan maka kemungkinan besar apa yang kamu sampaikan tidak mereka mengerti.

 

Selain itu juga kamu harus tahu kapan waktunya untuk berhenti berbicara saat mereka sudah menunjukkan ekspresi ataupun bahasa tubuh yang kelihatan bosan. Lalu sedikit mencairkan suasana agar si pendengaran kembali bersemangat dalam mendengarkan materi yang kamu sampaikan.

 

Itu dia beberapa cara untuk mengasah kemampuan komunikasi verbal di dunia kerja yang bisa kamu terapkan dan pelajari, dapatkan informasi menarik lainnya mengenai tips tentang dunia kerja dan juga karir kamu dengan mengunjungi TipsKarir. Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi mengenai lowongan pekerjaan kamu bisa mengunjungi TopKarir.

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Berkarir Jadi Sosial Media Marketing

Tips Berkarir Jadi Sosial Media Marketing

Saat ini sosial media selain menjadi aplikasi online dalam bertukar informasi atau mendapat teman baru, ternyata sosial media bisa menjadi sebagai penunjang karir yang menjanjikan, orang yang menjalankan pekerjaan ini disebut social media marketer, oleh karena itu banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk posisi sebagai social media marketing.  Berikut ini tips buat kamu agar bisa bekerja di bidang sosial media marketing, simak ya! Berpengetahuan luas karena kamu akan bertugas mempromosikan jasa dan produk, bidang sosial media membutuhkan orang-orang yang kreatif & mempunyai keahlian tambahan seperti video editing, photoshop dan software design lainnya.    Up to date Kamu harus menunjukan keberhasilan yang dicapai saat ini, bulan lalu atau bahkan setahun yang lalu, karena dunia digital bergerak dengan cepat jadi kamu dituntut untuk terus meng update dengan fitur-fitur terbaru dari sosial media dan apa yang sedang tren di masyarakat banyak.    Pemahaman SEO SEO merupakan salah satu nilai plus maupun hal yang mutlak bagi seorang pekerja sosial media, karena perusahaan selalu ingin konten mereka berada pada peringkat setinggi mungkin di pencarian google. Jadi kamu bisa  jelaskan bagaimana sosial media mampu meningkatkan sebuah traffic.  Itu dia beberapa tips simple yang bisa kamu coba, yuk temukan tips lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!
Webinar Sasa-Preneurship: Teknik Marketing dan Pengembangan Usaha

Webinar Sasa-Preneurship: Teknik Marketing dan Pengembangan Usaha

Menjalankan sebuah bisnis memang bukan perkara yang mudah, teknik marketing merupakan salah satu aspek terpenting yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha. Ketika pebisnis mampu menyusun strategi/teknik marketing yang tepat, usaha yang sedang dirintis akan mampu menarik minat banyak konsumen. Pada akhirnya, pengusaha bisa mendapatkan keuntungan yang besar.   Perkembangan teknologi yang pesat, semakin mempermudah dan “memper-murah” kegiatan pemasaran. Kehadiran berbagai platform promosi seperti web dan media sosial memungkinkan strategi pemasaran bisa dilakukan secara efektif dan jangkauan yang lebih luas namun dengan biaya promosi yang jauh lebih murah.   Meskipun media promosi kini semakin mudah dan beragam, bukan berarti proses pemasaran dapat dilakukan secara instan, dibutuhkan teknik dan strategi perencanaan yang matang untuk menentukan model pemasaran yang efektif. Pasalnya, jika proses pemasaran dilakukan tanpa adanya perencanaan yang tepat, bisa dipastikan keuntungan tidak akan didapat, bahkan bisnis Anda bisa mengalami kerugian.   Pentingnya merancang teknik marketing bagi sebuah bisnis harus menjadi fokus para pelaku usaha. Karena, dengan teknik marketing yang tepat, pelaku usaha bisa dengan mudah mengembangkan bisnisnya dan menggaet konsumen yang lebih besar. Untuk membantu Anda menyusun teknik marketing dan pengembangan usaha, APINDO & BPJS Ketenagakerjaan bersama Sasa Tepung Bumbu mempersembahkan:   Webinar Sasa-Preneurship dengan tema: Teknik Marketing dan Pengembangan Usaha Narasumber: Edric Chandra Program Inisiator Diplomat Success Challenge & Komite Pemasaran Kewirausahaan APINDO   Host: Alexander Zulkarnain Brand & Partnership Director at Young On Top   Acara ini akan berlangsung pada hari Jumat, 24 Juli 2020, pukul 15.00-17.00 WIB melalui Live on Zoom dan Livestreaming di TopKarir.com.   Webinar ini GRATIS untuk siapapun yang mau belajar! Segera daftarkan diri Anda di link berikut ini bit.ly/sasapreneurship   Benefit : E-Sertifikat Ilmu Relasi    
Komentar