Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Cara Memulai Pekerjaan Sampingan untuk Menambah Penghasilan

03 Oktober 2022 16:10 809 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Pekerjaan Sampingan menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama kamu di kantor, meskipun kamu memiliki karir yang cemerlang di kantor akan tetapi memiliki pekerjaan sampingan tentunya menjadi salah satu cara yang akan membantu kamu meningkatkan aspek keuangan sekaligus juga dapat mengembangkan karirmu ke depan.

 

Dalam melakukan pekerjaan sampingan kamu bisa melakukan pekerjaan sampingan di rumah dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang saat ini sudah sangat maju mulai dari memanfaatkan marketplace dan juga internet untuk kebutuhan pekerjaan.

 

Dengan memiliki pekerjaan sampingan ini tentu bisa memberikan kamu kesempatan untuk mempelajari berbagai keterampilan baru serta bisa mengeksplor jalur karir baru yang sebelumnya belum terpikirkan olehmu. 

 

Jika kamu ingin membangun sebuah usaha ataupun pekerjaan sampingan tapi kamu belum mengetahui bagaimana cara untuk memulainya kamu bisa menerima pembahasan kali ini, karena kami akan memberikan 5 cara memulai pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan di bawah ini.

 

5 Cara Memulai Pekerjaan Sampingan untuk Menambah Penghasilan

Saat ini sudah banyak sekali jenis pekerjaan baru yang mudah dan dapat kamu kerjakan untuk menjadi pekerjaan sampingan dan mendapatkan penghasilan tambahan, untuk memulai beberapa pekerjaan sampingan tersebut tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu Bagaimana cara memulainya, bagi kamu Yang penasaran Bagaimana cara memulainya berikut caranya.

 

Pilih Pekerjaan Sesuai Dengan Minat Serta Kemampuan Kamu

Cara yang pertama untuk bisa memulai pekerjaan sampingan dan menambah penghasilan adalah kamu bisa pilih terlebih dahulu pekerjaan sampingan sesuai dengan minat serta skill yang kamu miliki, memilih pekerjaan sampingan sesuai dengan skill sangat penting agar nantinya pekerjaan sampingan yang kamu lakukan akan mendapatkan kemudahan.

 

Misalnya saja pekerjaan sampingan untuk karyawan yang cocok dilakukan adalah pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu jam kerja kamu selama di kantor, kamu bisa melihat secara realistis waktu yang kamu punya agar nantinya ketika kamu memilih pekerjaan sampingan tidak mengganggu pekerjaan utama kamu menjadi karyawan. 

 

Untuk contoh pekerjaan sampingan yang cocok bagi seorang karyawan seperti kamu salah satunya adalah pekerjaan menjadi seorang pemberi feedback atau memberikan masukan bagi website website baru.

 

Membuat Rencana Bisnis

Cara memulai pekerjaan sampingan berikutnya adalah dengan membuat rencana bisnis, setelah kamu sudah memilih pekerjaan sampingan yang sesuai passion dan skill kamu langkah berikutnya kamu bisa membuat rencana bisnis yang berfungsi sebagai penunjuk jalan untuk memudahkan kamu dalam mencapai tujuan.

 

Dalam membuat rencana bisnis ini sebaiknya kamu membuatnya dengan teliti dan melihat seperti apa keadaan market di sekitar wilayah kamu, tidak hanya itu kamu juga bisa melihat pesaing ataupun kompetitor di bidang yang sama dengan bisnis yang akan kamu ambil sebagai pekerjaan sampingan. Jika sudah maka kamu bisa memvisualisasikan siapa saja pelanggan yang potensial lalu kemudian pilih model bisnis yang cocok sesuai dengan pekerjaan sampingan yang kamu pilih.

 

Pikirkan Terlebih Dahulu Jenis Badan Usaha Yang Ingin Kamu Bangun

Berikutnya adalah kamu bisa pikirkan terlebih dahulu jenis badan usaha yang ingin kamu bangun saat ingin memulai pekerjaan sampingan, saat akan bekerja sampingan dalam hal ini membuat bisnis maka jika bisnismu tanpa struktur hukum yang tepat maka nantinya saat bisnis sampingan Kamu berjalan Kamu tidak akan mendapatkan perlindungan hukum.

 

Baik itu ketika kamu ingin membuat usaha pribadi, kemitraan, perseroan terbatas ataupun juga korporasi karena masing-masing dari usaha sampingan tersebut tentunya menawarkan tingkat perlindungan hukum yang berbeda. Di sini kamu hanya perlu memutuskan jenis badan usaha apa yang nantinya akan kamu bangun dalam membuat pekerjaan sampingan.

 

Manfaatkanlah Sumber Daya Gratis

Saat ingin memulai pekerjaan sampingan kamu bisa memanfaatkan sumber daya gratis yang dimiliki dengan sebaik mungkin, contohnya kamu bisa menggunakan internet untuk memudahkanmu dalam mempelajari berbagai topik yang nantinya akan dibutuhkan dalam memulai pekerjaan sampingan.

 

Tidak hanya itu dengan internet kamu juga bisa memilih pekerjaan sampingan online mana yang cocok untukmu, kamu juga bisa mempelajari berbagai kemampuan baru yang nantinya akan berguna untuk mengembangkan diri dan juga bisnis yang sedang kamu bangun.

 

Kumpulkan Modal Pertama

Untuk memulai pekerjaan sampingan Selain membutuhkan waktu dan tenaga tentunya kamu juga perlu memikirkan soal dana yang digunakan untuk membangun pekerjaan sampingan, misalnya saja ketika kamu ingin bekerja sampingan menjadi seorang fotografer tentunya kamu harus menyiapkan modal pertama untuk membeli kamera yang bagus dan bisa mendukung kamu dalam pekerjaan sampingan yang kamu pilih.

 

Modal pertama ini juga akan berguna untuk membuat Website dari pekerjaan sampingan kamu serta untuk peralatan lainnya yang akan menunjang pekerjaan, Jika kamu saat ini masih bekerja menjadi seorang karyawan di perusahaan kamu bisa mempertimbangkan untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan tetap yang kamu miliki untuk pekerjaan sampingan yang sedang kamu bangun.

 

Namun yang perlu diingat usahakan sebisa mungkin untuk menghindari mengambil hutang untuk modal awal dalam melakukan pekerjaan sampingan, agar nantinya ketika kamu gagal dalam memulai pekerjaan sampingan kamu tidak perlu membayar hutang dan mendapatkan kerugian yang berlebih.

 

Itu tadi pembahasan mengenai 5 cara memulai pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan, kamu bisa menerapkan beberapa cara di atas Jika kamu belum mengetahui seperti apa cara memulai pekerjaan sampingan. Perlu diingat bahwa pekerjaan sampingan menjadi salah satu opsi untuk menambah penghasilan akan tetapi jangan sampai pekerjaan sampingan ini lebih diprioritaskan dibandingkan dengan pekerjaan utamamu di kantor atau perusahaan.

 

Bagi kamu yang saat ini belum memiliki pekerjaan dan ingin melamar pekerjaan kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan pada TopKarir, Selain itu kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir hanya di TipsKarir.

Komentar