KANDIDAT PERUSAHAAN

7 Tugas Utama Content Writer dan Sederet Skill yang Harus Dimiliki

23 Juni 2021 01:06 60925 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 9 KALI DIBAGIKAN

 

Di zaman digital seperti sekarang, Content Writer atau penulis konten menjadi salah satu profesi yang dicari banyak perusahaan untuk membesarkan platform mereka. Ini disebabkan bergesernya media pemberitaan dan pemasaran dari bentuk elektronik ke digital. 

 

Menjadi Content Writer tidak semudah kelihatannya. Content Writer memerlukan skill yang mumpuni dan harus memahami betul tugas-tugas utamanya. Apa saja sih tugas dan tanggung jawab seorang content writer? Berikut pembahasannya.

 

7 Tugas Utama Content Writer

Content writer wajib tahu tugas-tugasnya agar apa yang ditulis mempunyai nilai lebih dan bisa meraih target pembaca. Tulisan juga harus enak dibaca dan mudah dimengerti. Ini 7 tugas utama Content Writer yang wajib kamu ketahui.

 

1. Content Writer bertugas menulis konten yang sesuai dengan pesanan dan relevan dengan platform yang akan diisi. Misalnya untuk website kesehatan, maka kontennya tentu akan berbeda dengan website teknologi.

 

2. Content Writer punya tugas untuk menganalisa atau melakukan riset, sebelum membuat tulisan. Data atau informasi yang berada dalam tulisan harus bisa dipercaya dan bisa dipertanggungjawabkan.

 

3. Content Writer bertugas untuk mencari kata kunci atau keywords yang akan ditulisnya karena ini berhubungan erat dengan SEO, agar tulisan bisa gampang ditemukan pembaca lewat pencarian Google.

 

4. Seorang content writer juga bertugas mengedukasi pembacanya, dengan mampu menyajikan informasi yang kompleks tapi gampang dimengerti.

 

5. Content Writer yang bekerja di divisi Marketing, maka Content Writer harus mampu membuat produk yang ditawarkan mudah ditemukan, demikian juga dengan websitenya bisa mendapatkan viewers yang banyak. Content Writer di divisi marketing merupakan salah satu jabatan yang sangat menguntungkan perusahaan.

 

6. Content Writer bertugas memahami format penulisan yang baik. Termasuk melakukan self-editing serta memastikan ejaan tanda baca yang baik dan benar pada naskah yang dibuat.

 

7. Content Writer bertugas menyelesaikan tulisannya sesuai deadline. Content Writer yang kredibel dan profesional tidak akan kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan atau pesanan tulisan jika bisa dipercaya mampu melaksanakan tugasnya sesuai kesepakatan.

 

Sederet Skill dan Kemampuan yang Harus Dimiliki Content Writer 

SEO

 

Content writer harus tahu apa yang dimaksud dengan kriteria konten yang SEO-Friendly. Content writer harus jeli dan selalu update dengan perkembangan SEO ini.

 

Mempunyai Kemampuan Menulis yang Mumpuni

Tidak bisa dipungkiri, tidak semua orang bisa jadi penulis yang baik dan benar. Skill menulis harus dipelajari, termasuk memahami format penulisan yang sesuai kaedah yang berlaku. Menulis kelihatan sangat mudah tapi menulis yang profesional itu harus dipelajari.

 

Keingintahuan yang Besar

Sebelum menulis satu tulisan, penulis harus punya kemauan buat menggali informasi dari berbagai tempat untuk mendapatkan data serta informasi yang bisa dipercaya. Beban moral bagi penulis jika informasi yang disajikannya ternyata tidak benar, apalagi mengandung hoaks. Melakukan Riset ini merupakan skill yang sangat wajib dimiliki content writer.

 

Membaca Target Pembaca

Content writer juga harus memiliki kemampuan membaca target pembaca, skill ini sangat penting dalam penulisan. Cara dan gaya penulisan kita harus disesuaikan dengan target pembaca. Misalnya, tulisan untuk pembaca usia muda akan berbeda untuk target pembaca usia dewasa.

 

Memahami Apa yang Diinginkan Pembaca.

Nah, untuk yang satu, content writer emang harus update terus mengenai informasi yang sedang ramai di kalangan masyarakat, baik di dalam dan luar negri. Kemampuan menemukan tema, judul dan keywords untuk penulisan yang disukai pembaca butuh proses pembelajaran dan kepekaan.

 

 

Baca juga beragam tips karir lainnya di sini. Download aplikasi TopKarir sekarang atau kunjungi situs resminya di topkarir.com untuk segera mendapatkan pekerjaan impianmu!

 

Komentar