Pencari Karir Pencari Kandidat

Pendaftaran Beasiswa Tanoto Foundation 2021 Sudah Dibuka!

24 Maret 2021 20:03 Pembekalan Karir 4603 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Ada kabar baik nih buat kamu mahasiswa S1 di Indonesia. Tanoto Foundation membuka kembali pendaftaran beasiswa 2021 lewat Program Beasiswa dan Kepemimpinan TELADAN 2021. Beasiswa ini ditujukan buat kamu yang baru menempuh semester pertama studi S1 di beberapa perguruan tinggi yang bermitra dengan Tanoto Foundation. Beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa berprestasi dan memiliki potensi kepemimpinan yang mumpuni, unggul serta bertanggung jawab. Nah, jika kamu merasa sudah sesuai dengan kriteria yang dimaksud, kamu bisa melakukan pendaftaran online Beasiswa Teladan Tanoto Foundation 2021 mulai dari sekarang. 

 

Beasiswa Tanoto Foundation 2021 terbuka untuk berbagai disiplin ilmu. Asalkan pelamar merupakan mahasiswa dari universitas mitra yang bekerja sama dengan Tanoto Foundation.

 

Banyak kelebihan dan manfaat yang ditawarkan oleh Tanoto Foundation bagi penerima beasiswa. Diantaranya biaya kuliah penuh mulai semester II sampai dengan semester VIII (delapan). Uang kuliah akan ditransfer ke rekening Perguruan Tinggi. Tunjangan bulanan yang ditransfer ke rekening penerima beasiswa, akan dibayarkan sejak perjanjian penandatanganan beasiswa.

 

Keuntungan lainnya, penerima beasiswa akan mengikuti program pengembangan kepemimpinan yang terstruktur, termasuk dukungan pengembangan karir. Diantaranya:

  • Program Dasar (Building Block 1) untuk melatih nilai-nilai dasar Tanoto Scholars, kemampuan manajerial dasar, pengembangan kepribadian peserta dan merancang bentuk – bentuk kontribusi kepada masyarakat.
  • Program Lanjutan (Building Block 2) untuk lebih mengembangkan kemampuan manajerial, kemampuan presentasi dan komunikasi, program magang dan kontribusi kepada masyarakat.
  • Program Persiapan Karir (Building Block 3) untuk meningkatkan kapasitas individu peserta dalam menghadapi dunia kerja, termasuk kesempatan belajar singkat di perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation di luar negeri.

 

Mitra Perguruan Tinggi Program TELADAN:

  1. Universitas Indonesia, Depok
  2. Institut Pertanian Bogor
  3. Institut Teknologi Bandung
  4. Universitas Andalas
  5. Universitas Brawijaya
  6. Universitas Diponegoro
  7. Universitas Gadjah Mada
  8. Universitas Indonesia
  9. Universitas Riau
  10. Universitas Sumatera Utara

 

Persyaratan: 

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa/i aktif semester I untuk program Sarjana (S1) reguler di perguruan tinggi mitra.
  3. Memiliki prestasi akademik yang baik di tingkat SMA dan sederajat dengan nilai rata-rata rapor kelas 12 (semester 1 & 2) adalah 8,00 (skala 10).
  4. Menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pengembangan bangsa.
  5. Dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik. Kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya akan menjadi nilai tambah .
  6. Mendaftarkan diri secara daring di laman Tanoto Foundation.

 

Dokumen aplikasi online: 

  • Data diri & orangtua/wali
  • Riwayat Pendidikan, Prestasi, Kegiatan, dan Bahasa
  • Kartu Tanda Mahasiswa resmi atau sementara, atau surat keterangan sebagai mahasiswa aktif yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi.

 

Pendaftaran: 

Pendaftaran beasiswa TELADAN Tanoto Foundation 2021 dilakukan secara online. Siapkan alamat email aktif yang akan digunakan untuk mendaftar. Siapkan pula scan semua dokumen aplikasi yang diminta lainnya di atas.

 

Berikutnya isi Formulir Pendaftaran dari Tanoto Foundation secara lengkap dan unggah semua dokumen aplikasi yang telah dipersiapkan. 

 

Pendaftaran online beasiswa Tanoto Foundation dibuka mulai 24 Agustus hingga 30 September 2020

 

Tahap seleksi:

  1. Pendaftaran daring

Menyiapkan dokumen berikut:

    • Data diri & orangtua/wali
    • Riwayat Pendidikan, Prestasi, Kegiatan, dan Bahasa
    • Kartu Tanda Mahasiswa resmi atau sementara, atau surat keterangan sebagai mahasiswa aktif yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi.
  1. Tes daring potensi kepemimpinan

Pendaftar yang lolos tahap I, menyiapkan perangkat berikut:

  • Sesi 1, 3-5 : Komputer atau laptop yang memiliki kamera audio dan koneksi internet yang baik.
  • Sesi 2 : Perangkat dengan Sistem Operasi Android dan koneksi internet yang baik
  1. Wawancara daring

Pendaftar yang lolos tahap II, menyiapkan hal sebagai berikut:

  • Komputer atau laptop yang memiliki kamera & audio
  • Koneksi internet yang baik
  • Ruangan yang tenang

Bagi yang sudah memenuhi kriteria untuk mengikuti proses selanjutnya, akan dihubungi melalui email yang terdaftar. Pengumuman hasil seleksi penerima beasiswa akan disampaikan melalui website Tanoto Foundation (www.tanotofoundation.org). Informasi lebih lanjut juga bisa disimak melalui website Tanoto Foundation tersebut. Semangat ya Sahabat TopKarir!

 

Kontak:

Tanoto Foundation

  1. M.H. Thamrin,

no 31 Jakarta 10230

[t] +62 21 392 3189

[e] info@tanotofoundation.org

[w] https://www.tanotofoundation.org

 

Temukan lebih banyak informasi beasiswa terupdate di fitur Beasiswa TopKarir. Kembangkan potensi dan keahlian kamu dengan mengikuti pelatihan online di TopEdu biar jadi anak muda yang unggul dan berkompeten!

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Melatih dan Menerapkan Sikap Cepat Tanggap dalam Bekerja

Melatih dan Menerapkan Sikap Cepat Tanggap dalam Bekerja

Menerapkan sikap cepat tanggap dalam dunia kerja membuat kita terlihat profesional dalam bekerja. Cepat tanggap dalam melakukan sesuatu juga bisa melatih diri kamu untuk bekerja secara multi-tasking.   Ketika menerima suatu pekerjaan tambahan saat kita mengerjakan tugas yang lain, kamu harus cepat tanggap dalam menerimanya, terutama pada tugas yang tidak kamu kuasai, Hal inilah yang membuat atasan mengapresiasi dan mengandalkan kemampuan diri kamu dalam bekerja Sahabat TopKarir. Yuk disimak, cara melatih sikap cepat tanggap dan menerapkannya!   Melatih Otak dengan Teka-Teki   Permainan teka-teki atau puzzle dan sejenisnya, bukan hanya melatih ketangkasa otak kamu dalam berpikir. Tapi juga dapat melatih otot kamu untuk bekerja secara maksimal. Selain itu, permainan teka-teki dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi kamu. Sangat berguna saat kamu bekerja nantinya   Banyak Tertawa   Tertawa bukan hanya menimbulkan aura positif dalam diri kamu, dengan tertawa juga dapat meningkatkan kinerja otak dan merangsang hormon bahagia. Sehingga peredaran darah hingga ke otak menjadi lancar. Dengan kondisi ini bisa membuat kamu berkonsentrasi dan mudah berpikir jernih, yang mana bisa membuat kamu lebih tanggap ketika menerima perintah dari atasan.   Bermain Game   Ada baiknya menghabiskan waktu pekan kamu untuk bermain video game, jika digunakan dengan waktu yang secukupnya, video game dapat meningkatkan kepekaan indra, juga menjadikan kamu lebih tanggap dan merespon sesuatu dengan cepat.   Menantang Batasan Diri Kamu   Menantang diri sendiri dengan berbagai aktivitas dari yang ringan hingga berat, mampu meningkatkan kecerdasan otak kamu. Menurut penelitian, menantang diri seperti bermain teka-teki, menghapal wajah setiap orang, atau menghapal daftar belanjaan dan sesuatu yang menjadi tantangan bagi diri kamu. Bisa meningkatkan respon kamu menjadi lebih tanggap dan tenang.   Asupan Makanan yang Sehat   Mengkonsumsi makanan yang sehat dengan rutin, dapat membuat stamina dan konsentrasi kamu menjadi meningkat dan tidak cepat lelah. Juga ada beberapa daftar makanan yang dapat membuat kamu lebih sehat dan cepat tanggap :   Seafood Madu Aplukat Coklat Kedelai   Setelah membaca tips diatas, jangan sampai bos kamu marah-marah lagi ya karena kamu lelet. yuk dapatkan inspirasi seputar karir lainnya yang bisa kamu baca di www.topkarir.com, semangat Sahabat TopKarir!             
Kesalahan Fatal Anak Kos dalam Mengatur Keuangan

Kesalahan Fatal Anak Kos dalam Mengatur Keuangan

Menjadi anak kos dituntut untuk bisa mandiri, mengurus kehidupan sehari-hari, memenuhi kebutuhan sendiri, sampai mengatur finansial sendiri. Memang awalnya akan terasa berat, tinggal jauh dan masih mengandalkan uang bulanan dari orangtua. Buat kamu yang sudah punya penghasilan sendiri maupun yang belum, harus bisa ngatur keuangan nih. Jangan sampai melakukan 5 kesalahan fatal ini.   Belanja bulanan lebih dari sekali Kalau kamu melakukan belanja bulanan lebih dari satu kali, hal itu bisa bikin kamu makin boros. Karena itu buat list belanjaanmu setiap bulan supaya kamu tau apa yang benar-benar kamu butuhkan selama satu bulan, prioritaskan kebutuhan kamu sehari-hari ya   Tidak menyusun anggaran bulanan Kalau kamu tidak punya anggaran keuangan, pengeluaranmu akan berantakan. Sebaiknya  alokasikan uang bulananmu dengan skema 50-30-20 dengan membagi pendapatan menjadi beberapa bagian. Bagian 50% kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan primer seperti biaya kost, makan, dan transportasi. 30% disisihkan untuk menabung atau investasi. 20% sisanya bisa kamu pakai untuk hiburan dan membeli keinginan pribadi.   Menunda pembayaran kos untuk pengeluaran lain Misalnya biaya kos harus dibayar setiap tanggal 30, tapi kamu menunda pembayarannya. Alhasil uang yang seharusnya dialokasikan untuk membayar kos malah habis terpakai untuk hal-hal lain. Biasakan membayar tagihan tepat waktu ya, jangan ditunda-tunda yang ada tagihanmu semakin menumpuk setiap bulannya.   Ikut-ikutan gaya hidup orang lain Buat kamu yang ngekos di kota-kota besar, kehidupan mewah jadi hal yang wajar. Tapi kamu sebagai anak kos harus ingat, masih ada tanggung jawab dan kebutuhan yang harus kamu penuhi setiap hari. Jangan terpengaruh gaya hidup teman yang kerjaannya hanya menghabiskan dan bersenang-senang dengan belanja barang fancy atau nongkrong di cafe hits.   Membawa banyak uang saat bepergian Bawa banyak uang saat bepergian bisa menambah godaan untuk belanja lho. Sebaiknya kamu membawa uang secukupnya, untuk makan, transportasi, dan beberapa untuk berjaga-jaga. Hindari juga membawa kartu ATM, hal itu bisa bikin kamu tambah boros. Itu tadi 5 kesalahan fatal anak kos yang bisa merugikan kamu dari sisi finansial. Dengan menghindari hal-hal tersebut kamu bisa lebih bijak mengatur keuangan ya Sahabat TopKarir. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.
Komentar