Cara Mengatur Keuangan untuk Pekerja Freelancer
Cara Mengatur Keuangan untuk Pekerja Freelancer | TopKarir.com

Saat ini bekerja sebagai freelancer semakin digemari. Sistem kerja yang tidak rutin membuat penghasilan yang kamu terima tentunya tidak teratur pula, bahkan terkadang memiliki perbedaan jumlah yang signifikan. Untuk menghadapi hal tersebut khususnya kamu yang bekerja sebagai freelancer simak tips manajemen keuangan berikut ini ya supaya membantu kamu dalam mengatur keuangan.

 

  • Mendata pengeluaran primer

Ada baiknya kebutuhan primer selalu menjadi prioritas utama terlebih dahulu. Kamu bisa mencatatnya dan mengurutkan mana daftar kebutuhan yang setiap bulannya harus kamu penuhi. Langkah paling baik dalam mengatur keuangan memang selalu membereskan kebutuhan primer dahulu baru disusul dengan kebutuhan sekunder, dan tersier.

 

  • Membedakan antara kebutuhan dan keinginan

Terkadang dua hal ini hampir mirip-mirip jika diaplikasikan kedalam sesuatu yang ingin kita penuhi. Untuk membedakannya cukup dengan membandingkan hal atau benda mana yang bisa memberikan kamu dampak jika kamu tidak memenuhinya. 

 

  • Jangan terlalu konsumtif

Pada saat tertentu sebagai freelancer terkadang kita mendapat projek dengan bayaran yang cukup besar dari biasanya. Kadang secara tidak langsung membuat kita menjadi konsumtif. Nah hal ini yang perlu kamu tahan tahan ya!

 

  • Persiapkan uang cadangan

Uang cadangan ini sangat perlu untuk mengatasi kondisi keuangan jika sedang sepi job atau menerima job dengan bayaran kecil. Cadangan uang berfungsi untuk mencukupi kebutuhan yang harus di penuhi pada bulan tersebut.

 

  • Upayakan untuk menabung

Berbeda dengan uang cadangan bulanan, menabung berfungsi untuk kamu yang sewaktu-waktu membutuhkan peralatan atau hal yang harus di penuhi saat itu juga. Selain itu, jika seorang freelancer memiliki tabungan tentunya akan merasa lebih aman jika pada waktu tertentu sedang sepi job.



Itu dia tips mengatur keuangan untuk kamu yang seorang freelancer. Yuk temukan tips lainnya di TopKarir, download aplikasinya ya!