5 Tips Untuk Memulai Investasi Di Masa Muda
5 Tips Untuk Memulai Investasi Di Masa Muda | TopKarir.com

Investasi merupakan suatu usaha yang dilakukan pada waktu sekarang dengan mengharapkan hasil pada waktu yang datang dari risiko yang diberikan pada waktu lalu. Tentunya jika mendengar kata investasi, yang terbayang adalah jumlah uang yang sangat besar. Besarnya investasi tergantung dengan tipe investasi yang dilakukan. Untuk kamu yang ingin berinvestasi sejak muda saat ini, kamu perlu tau bagaimana caranya untuk mulai investasi di masa muda. Nah berikut ini ulasannya, simak ya.

 

  • Gunakan dana simpanan

Hal pertama yang harus dipertimbangkan untuk memulai investasi adalah gunakan dana simpanan untuk melakukan transaksi dalam berinvestasi. Dana simpanan sendiri tergantung dari berapa presentasi gaji tiap bulan yang akan disisihkan untuk kebutuhan darurat. Untuk pembagian dana, terdapat beberapa pembagian yang dianjurkan yaitu 10% untuk amal, 70% untuk keperluan pribadi, serta 20% untuk keperluan investasi. 

 

  • Tentukan tipe investasi

Untuk memilih tipe investasi, pilihlah sesuai dengan kebutuhan. Apakah kamu ingin investasi untuk jangka panjang ataupun jangka pendek. 

 

  • Pilih investasi yang dipahami

Dalam melakukan investasi, pengalaman serta pengetahuan menjadi modal terbaik untuk menjadi pertimbangan dalam berinvestasi. Memilih investasi bisa dilakukan berdasarkan latar belakang dari investor, kamu bisa membaca apakah seorang investor memiliki edukasi yang baik pada sektor properti yang ingin kamu investasi. Dengan hal tersebut, dapat mengurangi risiko kerugian yang akan diterima. 

 

  • Pilih investasi yang akan selalu ada

Kebutuhan masyarakat semakin lama akan semakin meningkat. Sehingga salah satu hal yang penting untuk seorang investor pemula adalah lakukan investasi pada sektor di mana akan terus ada hingga 5 ataupun 10 tahun ke depan ya. 

 

  • Belajar dari sumber referensi yang terpercaya

Belajar dari sumber referensi terpercaya ataupun pengalaman investor lainnya. Sehingga pemahaman akan investasi akan terbuka dan dapat memberikan keputusan-keputusan yang tepat ketika melakukan transaksi investasi. Selalu belajar dari pengalaman dan kesalahan-kesalahan merupakan tips untuk menjadi seorang investor yang andal. 



Itu dia tips nya cara bagaimana kamu untuk memulai investasi. Yuk temukan tips lainnya di TopKarir, download aplikasinya ya!