5 Tips dan Trik Cara Manfaatkan THR
5 Tips dan Trik Cara Manfaatkan THR | TopKarir.com

Sebentar lagi para karyawan, baik pegawai swasta dan pegawai negeri akan menerima bonus tunjangan hari raya (THR). Bersamaan dengan mendapatkan THR, para pegawai juga mendapatkan gaji bulanan. Keinginan untuk belanja jadi semakin menggebu-gebu, tapi tunggu dulu, kamu harus bijak dalam memilah antara hal yang diinginkan dan yang dibutuhkan. Yuk ikuti tips dan trik memanfaatkan THR berikut ini. 

 

  • Alokasikan dengan bijak

Membuat alokasi dana yang akan digunakan untuk lebaran. Berapa persen dari gaji dan THR yang akan kamu pakai untuk membeli kebutuhan untuk lebaran, dan berapa persen yang lain akan ditabung. Yang paling utama agar THR yang kamu terima lebih berkah, jangan lupa dialokasikan untuk berdonasi dan membayar zakat yang sudah ditentukan ya.

 

  • Manfaatkan promo dari ritel dan e-commerce

Kamu bisa memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan oleh ritel dan platform e-commerce. Pada bulan Ramadan, platform e-commerce memanjakan masyarakat di Indonesia dengan beragam promo potongan harga yang menarik. Jangan kalap ya!



  • Berdonasi dan berzakat

Agar THR kamu berkah, gunakan sebagian dari THR yang kamu dapatkan untuk berdonasi. Saat ini ada banyak channel yang bisa kamu manfaatkan untuk berdonasi, mulai dari platform offline hingga platform online. Saat ini berdonasi melalui platform online mulai marak di kalangan milenial saat ini.

 

  • Modifikasi pakaian

Lebaran tidak harus menggunakan baju atau barang-barang baru. Kamu masih bisa tampil modis dan stylist dengan memodifikasi pakaian lebaran tahun lalu. Agar terlihat beda, kamu bisa memadukan dengan aksesoris-aksesoris unik yang sesuai dengan kepribadian kamu. Dengan cara begini kamu lebih berhemat dan THR pun tidak berkurang terlalu banyak.

 

  • Berinvestasi

Untuk menjaga THR tersebut tetap utuh, cobalah untuk berinvestasi dengan skala kecil. Misalnya dengan melakukan investasi emas atau buka tabungan deposito dari sebagian bonus THR yang diterima. Investasi emas, merupakan investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan, karena trend harga emas yang mengalami kenaikan dari masa ke masa.

 

Itu dia tips yang bisa kamu terapkan ya. Yuk temukan tips lainnya di TopKarir & download aplikasinya ya.