KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Kunci Sukses Merencanakan Investasi

24 Maret 2021 20:03 4416 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Buat kamu yang baru mau memulai investasi, kendala yang sering terjadi salah satunya yakni membuat perencanaan. Banyak orang yang sudah memulai investasi tapi belum menentukan tujuan yang jelas, padahal tujuan adalah kunci seorang investor. Terus, gimana sih cara memulai dan merencanakan investasi yang sukses? Nah, kamu perlu strategi yang matang agar investasi nggak impulsif dan berjalan tanpa perencanaan. Satu konsep sederhana yang bisa kamu ikuti adalah konsep S.M.A.R.T : Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time-Based. Berikut penjelasannya.

 

Specific

Tahap pertama yang harus kamu lakukan dalam memulai investasi adalah Specific, artinya kamu harus punya tujuan yang jelas nih, apa gunanya kamu berinvestasi? Tujuan yang direncanakan secara spesifik akan menentukan kesuksesan investasi kedepannya. Kalau tujuanmu makin spesifik, kamu akan semakin mudah dan semakin fokus mencapai tujuan investasi yang diharapkan.  Contohnya kalau kamu ingin berinvestasi untuk biaya pernikahan beberapa tahun mendatang, kamu bisa menulis tujuan investasi “Biaya Pernikahan untuk 5 Tahun Mendatang”

 

Measurable

Tahap kedua, kunci sukses merencanakan investasi adalah measurable atau bisa diukur. Menurut financial expert Halofina, Eko P. Pratomo, pada acara Sapa Indonesia Pagi di Kompas TV (05/03/2019). Saat membahas SMART Investment Planning, Eko mengatakan, yang dimaksud dengan measurable nggak hanya mengetahui berapa nilai tujuan investasi, tapi juga bagaimana cara mencapai tujuan investasi tersebut.

 

Contohnya, kalau kamu mau berinvestasi untuk membiayai kuliah anakmu di masa depan. Kalau biaya kuliah saat ini sekitar Rp 100 juta, dan jika perkiraan inflasi dana pendidikan sekitar 10 – 15% per tahun, artinya Biaya Kuliah Anak Pertama Anda 12 tahun mendatang yang perlu Anda siapkan adalah Rp 400 juta.

 

Achievable

Kunci sukses merencanakan investasi yang ketiga adalah achievable. Achievable ini sangat berkaitan dengan poin sebelumnya, measurable. Kalau sudah memahami nilai tujuan investasi kamu di masa mendatang, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengukur kapasitas dalam berinvestasi.

 

Jika biaya kuliah anak pertama kamu dalam 12 tahun mendatang bernilai sekitar Rp 400 juta, dan saat ini kamu sama sekali belum punya tabungan, maka perkiraan tabungan investasi yang harus kamu sisihkan dalam satu tahun berkisar Rp 18 juta, atau sekitar Rp 1,5 juta perbulan. Dari jumlah tersebut, sudah sesuai kapasitas dan kemampuanmu belum nih?

 

Relevant

Tahap keempat, kamu harus kenalan dulu sama beberapa instrumen investasi. Pemilihan instrumen investasi sangat berkaitan dengan tujuan investasi kamu lho. Performa instrumen investasi kamu akan terlihat relevansinya secara maksimal kalau kamu sudah menentukan tujuan. Misalnya nih, tujuan investasi kamu jangka waktunya pendek, sebaiknya pilih instrumen yang cenderung aman (konservatif). Kalau untuk jangka waktu menengah, kamu bisa memilih instrumen dengan tingkat resiko moderat. Sedangkan untuk jangka waktu panjang kamu bisa pilih instrumen yang risikonya agresif.

 

Time-based

Dan kunci sukses perencanaan investasi yang terakhir yakni penentuan waktu mencapai tujuan investasi. Waktu pencapaian investasi itu penting banget, karena pada dasarnya, “Investasi itu untuk mencapai kebutuhan masa depan yang belum tersedia dananya saat ini” ungkap Eko dalam bukunya yang berjudul 50 Financial Wisdom. Jadi, investasi itu bukan menumpuk dana yang kamu punya tanpa ada tujuan, sebaliknya, investasi adalah cara mencapai goals kita di masa depan.

 

Itu tadi startegi SMART yang bisa dipraktekkan untuk kamu yang mau berinvestasi, baik yang baru memulai investasi maupun yang sudah berinvestasi tapi belum pernah mencoba goal-based investing. Investasi yang dimulai sejak dini, membuat kita berpikir untuk menabung/berinvestasi untuk masa depan dibanding berhutang untuk masa depan, sehingga berhutang nggak akan jadi pilihan. #CariTahu tips-tips dan informasi karir lainnya yang bermanfaat buat kamu ada di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.

Komentar