5 keuntungan Jadi Editor Di Media 
5 keuntungan Jadi Editor Di Media  | TopKarir.com

Semenjak era keterbukaan informasi, industri media massa terus berkembang. Derasnya arus informasi, membuat media massa hadir bersama inovasi-inovasi yang baru bagi masyarakat. Jika dulu pilihan penulis untuk mengirimkan tulisannya terbatas hanya pada media cetak, dengan kemunculan berbagai media daring, penulis zaman sekarang jadi semakin banyak memiliki pilihan. Meski dari segi tantangan tentu nggak serta merta membuatnya kian lebih mudah. Apalagi banyak di antara media daring yang memang menerapkan standar dan kriteria yang nggak main-main untuk menentukan tulisan. Nah berikut ini ada lima keuntungan menjadi editor di media, simak ya!

 

  • Menambah wawasan 

Menambah wawasan menjadi salah satu keuntungan yang bisa kamu peroleh sebagai editor. Kamu dituntut untuk berpikir luas dan terbuka. Kebutuhan materi tulisan akan mendorong kamu menjadi banyak membaca, mendengar, menggali informasi, dan peka terhadap sekitar untuk memperkaya hasil tulisan. Dengan demikian, kamu pun akan selalu up to date dan menjadi banyak tahu hal-hal baru.

 

  • Menjadi lebih kreatif

Menciptakan tulisan yang enak dan layak dibaca tentunya tidaklah mudah. Menjadi editor mengharuskan kamu untuk mampu menulis konten secara kreatif dan menarik agar memikat minat pembaca. Untuk menulis kreatif, kamu tentunya akan selalu belajar dan berpikir out of the box pula guna menciptakan tulisan yang penuh kreativitas dan memiliki daya tarik di mata pembaca.

 

  • Belajar hal-hal baru

Dengan menjadi editor, kamu akan banyak belajar hal-hal baru yang kemungkinan belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Salah satu contohnya yaitu, belajar SEO (Search Engine Optimization). Pemahaman akan SEO akan mendukung artikel yang kamu tulis menjadi dapat banyak kunjungan ataupun akan muncul pada halaman pertama mesin pencari. Menjadi editor tentunya akan menambah pengetahuan kamu mengenai SEO dan cara yang baik dan benar dalam menulis dan menyusun kata-kata.

 

  • Pendapatan yang menggiurkan

Setiap hasil tulisan kamu tentunya akan dibayar oleh media tempat kamu menulis. Tak banyak yang tahu, menjadi seorang editor ternyata menghasilkan pendapatan yang lumayan. Penghasilan yang bisa kamu peroleh dari pekerjaan ini cukup menggiurkan, namun tergantung pada kesepakatan, kualitas, dan kuantitasnya.

 

Itu dia keuntungan kalo kamu menjadi editor, yuk temukan tips lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!