5 Aktivitas Pengembangan Diri Ini Bisa Kamu Lakukan di Tempat Kerja
5 Aktivitas Pengembangan Diri Ini Bisa Kamu Lakukan di Tempat Kerja | TopKarir.com

Mengenal diri sendiri terdengar sangat sederhana tapi ternyata tidak mudah juga buat dilakukan. Di saat kamu mulai mengenal karakter dirimu, tentu akan mudah juga mengidentifikasi cara pengembangan diri dan talenta yang kamu punya. Masih ada banyak sisi positif lain dari pengembangan diri yang kedepannya bakal berguna dalam lingkungan kerja. Misalnya saja, pengembangan diri mampu meningkatkan skill dan performa karyawan. Di samping itu, produktivitas juga akan terdongkrak sehingga mampu bekerja lebih efektif. Lewat pengembangan diri, jenjang karir yang lebih tinggi bukan sesuatu yang mustahil diraih. Nah berikut ini aktivitas pengembangan diri yang bisa kamu lakukan di tempat kerja, disimak ya!

 

  • Melanjutkan pendidikan

Khusus untuk perusahaan besar, manajemen umumnya punya program pendidikan internal yang menjurus pada satu bidang bersifat informal. Fungsinya yaitu untuk meningkatkan kemampuan Interpersonal dari tiap pekerja yang menitik-beratkan pada satu bahasan khusus. Pendidikan ini dimaksudkan sebagai pembekalan karyawan untuk menempati posisi lain nantinya.

 

  • Program professional

Banyak organisasi professional menawarkan kesempatan pendidikan pengembangan lewat beberapa program. Beberapa perusahaan memiliki program professional yang dikhususkan untuk karyawan yang ingin mendapat posisi lebih. Program ini menjadi semacam pelatihan juga ujian untuk melihat kepantasan karyawan saat ingin mendaftar untuk posisi yang lebih tinggi dalam perusahaan. Bisa dianggap program ini semacam uji kelayakan karyawan untuk menduduki jabatan baru.

 

  • Program pelatihan on-the-job

Banyak perusahaan menyediakan peluang karir dengan jabatan tinggi untuk kandidat yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi. Tapi untuk kandidat potensial yang tak punya pendidikan tinggi, perusahaan menyediakan program pelatihan on-the-job. Program on-the-job umumnya diberikan untuk rekrutan baru yang nantinya bekerja dalam perusahaan. Meski begitu, pekerja lama juga dibolehkan untuk mengikuti program semacam ini, terutama untuk pekerja yang mengalami pergantian posisi. Bahasa umumnya, rotasi posisi.

 

  • Pelatihan antar departemen

Dalam ekosistem bisnis, pengembangan diri tak bisa terjadi secara alami. Perlu ada pemicu yang nantinya bisa menggugah kemampuan supaya berkembang. Dalam hal ini, manajemen kerap membuat program ‘kesehatan’ untuk meningkatkan pegawai baru lewat pelatihan antar departemen. Tiap departemen pasti butuh kemampuan khusus yang tepat sesuai bidangnya. Lewat program pelatihan antar departemen semacam ini, karyawan akan mendapat skill baru dari departemen lain. Ini berguna jika sewaktu-waktu perusahaan menjalankan rotasi jabatan.

 

  • Meningkatkan interpersonal skill

Ini terkait dengan kemampuan yang ada dalam diri tiap pekerja. Dalam hal ini, ada banyak skill yang harus dipertajam lagi, seperti kepemimpinan, problem solving, juga pengetahun tentang karir yang digeluti. Tapi untuk saat ini, karyawan setidaknya harus punya skill dalam pemanfaatan teknologi.

 

Itu dia hal sederhana yang bisa di tempat kerja untuk mengembangkan diri. Selain memberikan tips-tips untuk mengembangkan karirmu, TopKarir juga dapat membantu kamu dalam menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Yuk download aplikasinya sekarang!